TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 23 Mei 2013

Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

Hewan yang hidup di laut ini merupakan binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Selain itu, ternyata ubur-ubur merupakan makhluk yang paling indah dan tidak biasa di kehidupan air. Di bawah ini ada beberapa ubur-ubur yang paling indah di lautan di dunia.

 

Ubur-ubur victoria

Dikenal sebagai ubur-ubur Kristal, penampilan spesies ini tidak berwarna dan transparan. Ubur-ubur yang bisa ditemui di pantai barat Amerika Utara ini memiliki tentakel yang mengandung nematocysts yang membantu dalam menangkap mangsa. Selain itu, protein dalam ubur-ubur ini berguna sebagai solusi penyakit Alzheimer.

 

Ubur-ubur kotak

Ubur-ubur yang dinamakan sebagai tawon laut ini merupakan yang paling berbahaya, beracun, dan bergerak lebih cepat. Karena bentuknya agak kotak, penampilan ubur-ubur ini juga terlihat seperti mutan karena adanya beberapa bola mata yang ada di perut.

 

Bathykorus bouilloni

Berada di Kutub Utara, ubur-ubur ini bari ditemukan 10 tahun yang lalu. Banyak perhatian untuk ubur-ubur ini karena kemiripannya mencolok dan mirip dengan Darth Vader. Empat tentakelnya pun beracun dan merupakan ubur-ubur yang sangat lincah.

 

Ubur-ubur kostarika

Karena penampilan anehnya, nama lain dari ubur-ubur ini adalah stauromedusae. Bentuk dari hewan ini seperti terompet, sehingga menjadi ubur-ubur yang unik karena tidak memiliki pergantian fase polip dan siklus hidupnya langsung ke bentuk dewasa.

 

Ubur-ubur topi bunga

Ubur-ubur ini adalah sepesies langka dan umumnya berukuran kecil. Ia memiliki sengatan yang sangat menyakitkan tapi tidak mematikan. Penampilannya yang mencolok ini membuat ubur-ubur ini banyak didekati ikan yang merupakan mangsanya sendiri.

 

Rhopilema esculentum

Walaupun katanya ubur-ubur ini bisa dimakan, tapi sengatannya sangat berbahaya bagi manusia. Ubur-ubur ini dibudidayakan di Jepang dan dijadikan makanan untuk diet. Selain itu, spesies ini paling berlimpah dan penting di Cina.

 

Ubur-ubur nomura

Dapat ditemukan di pantai yang berada di Jepang, ubur-ubur ini memiliki ukuran besar yang melebihi ukuran manusia. Termasuk ubur-ubur yang mematikan, spesies ini sedang mengalami peningkatan populasi.

 

(atifa, foto: tumblr.com, itsnature.org, redbubble.com, pinktentacle.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×