TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Panduan Menonton The Martian

  • Muti Siahaan
  • Posted on : Jumat, 2 Oktober 2015

Panduan Menonton The Martian

The Martian adalah salah satu film science fiction yang wajib kita tonton. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott dan diperankan oleh Matt Damon ini diramalkan jadi kandidat kuat nominasi film Oscar 2016. The Martian berkisah tentang astronot NASA, Mark Watney  (Matt Damon) yang harus bertahan hidup sendirian di planet Mars.  Dia tanpa sengaja ditinggal oleh teman-teman satu tim penjelajah Mars karena disangka sudah meninggal. Martian merupakan sebutan untuk orang yang tinggal di Mars.

 

(baca juga: Kesalahan Ilmiah dibalik Film The Martian)

 

                Untuk bertahan hidup, Mark menggunakan seluruh ilmu pengetahuannya seputar angkasa dan botanik. Enggak hanya itu, dia menjelajah sendiri planet besar ini dan mencari cara agar bisa berkomunikasi dengan markas besar NASA di bumi. Sepanjang cerita kita disuguhkan cerita yang lucu dan menyentuh perjuangan Mark di planet Mars dan perjuangan tim NASA untuk membawa Mark kembali ke bumi.  Walau ini film luar angkasa tapi jauh dari gambar yang monoton dan membosankan. Sebaliknya, banyak adegan lucu dan pelajaran ilmu pasti yang bisa kita dapat.  Nah, biar enggak binggung dengan beberapa istilah yang muncul di film, baca dulu panduannya disini.

 

SOL

Sol merupakan waktu perhitungan Mars. Kalau bumi dihitung satu hari 24 jam. Maka perhitungan satu hari di Mars, menggunakan SOL. Rotasi perputaran Mars agak mirip dengan rotasi perputaran di bumi. Kalau di bumi rotasinya 24 jam, maka di Mars rotasi perputarannya  24 jam 37 menit. Dengan kata lain perputaran satu hari di Mars hanya 2,7 menit lebih lama dari pada dibandingkan di bumi. Makanya Mark pada akhirnya begitu mudah berkomunikasi dengan tim NASA di bumi karena perhitungan waktu di kedua planet enggak begitu jauh berbeda.

 

 

Acidalia Planitia

Ketika badai menyerang, Mark tiba-tiba hilang dan seluruh tim penjelajah yakin Mark sudah meninggal. Dia pun ditinggalkan di daratan Acidalia Planitia.  Agar memudahkan penjelajahan di Mars, NASA sudah memberi nama beberapa daratan yang ada di planet ini. Dengan penamaan ini akan memudahkan tim NASA di bumi melakukan menelitian lewat satelit dari markas NASA di Houston - Amerika. Salah satu daratan itu adalah Acidalia Panitia ini.

 

 

 

Hab

Singkatan dari Habitat, adalah tempat tinggal para tim penjelajah saat ada di Mars. Boleh dibilang ini tempat kemah yang besar dan lengkap dan cukup melindungi Mark saat berada di Mars. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai peralatan penunjang hidup, termasuk makanan dan minuman yang jumlahnya memang terbatas.

 

Schiaparelli crater

Kawah Schiaperelli adalah kawah dimana  tim misi penjejah Mars, Ares 4 yang dijadwalkan empat tahun lagi akan mendarat . Diperkirakan di planet Mars selain ada daratan yang datar , ada juga daratan  yang menyerupai kawah, sehingga mereka disebut sebagai crater.  Salah satunya adalah Schiaparelli crater yang letaknya  3,2000 kilo meter dari hab (tempat Mark berada).

 

 

 

Sojourner rover

Untuk memudahkan penelitian dan penjelajahan Mars, diciptakanlah robot Sojourne yang mendarat di Mars 4 Juli 1997. Sojourner rover didesain menjelajah Mars selama tiga bulan. Robot ini dilengkapi dengan kamera depan dan belakang dan beberapa alat berat lainnya yang mendukung penelitian. Alat ini didesain bertahan selama 7 SOL (7 hari perhitungan Mars) dan bisa terus bertahan sampai 30SOL.  Masa aktif kerja Sojourne ini selesai tanggal 27 September 1997.  Alat ini yang kemudian ditemukan oleh Mark dan kembali dihidupkan lagi, agar bisa berkomunikasi dengan bumi.

 

(foto-foto: mtv.com, moviepilot.com, io9.com)

 

 

Penulis :

  • Muti Siahaan

  • Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×