TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Najwa Shihab Bilang, Politik Itu Penting Buat Anak Muda

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 9 Februari 2017

Najwa Shihab: Tips Untuk Pemilih Pemula. Foto: (rynol)

Politik bukanlah obrolan yang berat dan jauh dari jangkauan. Mulai dari bangun tidur sampai ke sekolah, semuanya berhubungan dengan politik, lho! Enggak perlu pusing begitu denger kata 'politik'. Kesannya politik itu terlalu berat buat kita omongin. Tapi sebenarnya politik itu sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti pembuatan kebijakan publik atau aturan-aturan masyarakat.

 

Baca juga: Lima Langkah Jadi Pemilih Cerdas Versi KPK

 

"Contoh sederhananya, gimana cara kita bisa dapat akses internet yang murah. Dan, hal-hal yang sangat terkait dengan kita. Mulai dari bangun tidur sampai pergi ke jalanan terus tiba di satu tempat, dari kita lahir sampai mati, kita selalu berhubungan dengan kebijakan publik," jelas Najwa presnter Mata Najwa ini.

 

Makanya, pasti pengin, dong, masa muda dan tua kita bisa berjalan dengan baik? Nah, kita bisa mulai dengan memilih pemimpin yang bisa mewakili kepentingan masyarakat agar pembuatan kebijakan publik pun bisa tepat sasaran.

 

"Satu suara kita sangat berharga! Apalagi jumlah pemilih generasi muda di Indonesia lebih banyak daripada generasi tua," jelas Najwa Shihab. Makanya, suara kita sebagai remaja sangatlah penting buat menentukan masa depan Indonesia. Termasuk dalam ajang Pilkada 2017 ini, girls. Suara kita penting banget untuk menentukan masa depan daerah tempat tinggal kita. Untuk itu jangan sampai kita menyia-nyiakan atau ragu menggunakan hak pilih kita saat Pilkada 2017 nanti, ya. Nah, buat para pemilih pemula yang baru mendapatkan hak pilihnya di Pilkada 2017 ini, Najwa Shihab punya beberapa tips untuk kita ikuti. Simak yuk!

 

 

Baca juga: Remaja Harus Menggunakan Hak Suara, Menurut Ahok

 

Tips Untuk Pemilih Pemula dari Najwa

Pastikan nama kita terdaftar sebagai pemilih

Pertama, kita harus memastikan nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih. Ini bisa dicek di situs www.kpu.go.id, pilih banner Daftar Pemilih, dan masukkan identitas diri kita.

 

Tentukan isu penting

Kira-kira isu apa yang penting buat kita. Apakah isu tentang pendidikan murah? Atau teknologi dan komunikasi? Nah, setelah menentukan isu, kita bisa mencari tahu partai politik mana yang punya tujuan sama dengan kepentingan kita.

 

Perhatikan calon dan partainya

Para calon gubernur dan wakil gubernur atau pun pemimpin daerah lainnya ini pasti diusung oleh partai politik tertentu. Kita bisa menjadikan ini sebagai bahan dasar pertimbangan, apakah kita satu visi dengan partai politik itu atau enggak. Kalau misalnya kita bingung sama partai politiknya dan merasa mereka punya tujuan yang hampir sama, maka perdalam pengetahuan kita soal calon pemimpin yang mereka usung. Cari tahu calon pemimpin mana yang punya latar belakang yang baik dan bersih. Itu bisa membantu kita menentukan pilihan.

 

Rajin browsing

Salah satu cara untuk mencari tahu tentang visi misi kandidat partai politik adalah dengan browsing. Nah, KPU (Komisi Pemilihan Umum) sudah menyediakan situs khusus yang menyediakan informasi-informasi soal pemilu yang bisa kita akses kapan saja, yaitu di www.kpu.co.id. Atau kita juga bisa mengitu berita-berita terkini tentang para calon pemimpin itu setiap hari. Nah, buat yang masih bingung soal Pilkada 2017 ini, baik itu bingung mau pilih siapa, bingung harus milih atau enggak dan lainnya, coba deh kita baca invole di Cewekbanget.id, Gini, Pilkada 2017 di Mata Remaja Indonesia

 

 

Baca juga: Panduan Memilih Calon Pemimpin Buat Remaja dari Ridwan Kamil

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×