TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Meski Masih SMA, Cewek Ini Sukses Bikin Sunblock Dari Mata Cumi-cumi!

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Jumat, 22 April 2016

Proses ketika Melody mengolah mata cumi-cumi menjadi sunblock

Buat sebagian kita, mata cumi-cumi mungkin bukan sesuatu yang spesial. Tapi di tangan Melody Grace Natalie, mata cumi-cumi bisa diolah jadi sunblock. Tentunya, sunblock ini berguna banget untuk melindungi kulit para nelayan di sekitar tempat tinggal cewek lulusan SMA Stella Duce 1 Yogyakarta ini. Penelitian Melody yang disusun dalam karya tulis berjudul Potential of Squid Eye Lenses as UV Absorber ini berhasil meraih medali emas dalam kategori life science di ajang International Conference of Youth Scientist (ICYS) di Denpasar tahun 2013 lalu. Yang pasti, meski Masih SMA, cewek ini sukses bikin sunblock dari mata cumi-cumi. Keren!

 

Berawal Dari Saat Liburan

Penemuan ini berawal ketika Melody sedang liburan ke pantai di Yogyakarta. Di sana, Melody bertemu dengan nelayan-nelayan yang bekerja di bawah terik matahari sepanjang hari. “Ketika aku tanya, kebanyakan dari mereka enggak mengerti dengan pentingnya sunblock. Kalaupun ada yang mengerti, mereka cukup sulit mendapatkan sunblock ini,” ungkap Melody.

 

Akhirnya, Melody berusaha mencari bantuan berhasil membuat sunblock dari mata cumi-cumi. Alasannya, Melody pengin membuat sesuatu dari bahan-bahan yang dekat dengan kehidupan nelayan tersebut, yaitu cumi-cumi.

 

Sempat Ditolak

Meski sudah berhasil menemukan sunblock, usaha Melody enggak langsung diterima oleh nelayan tersebut. “Awalnya mereka menolak karena merasa enggak butuh. Lalu, aku jelasin tentang bahaya sinar ultraviolet yang bisa mengakibatkan kanker kulit dan dampaknya yang enggak langsung kelihatan. Akhirnya, mereka mau mencoba dan menyukainya. Malah, mereka minta aku ngajarin cara membuatnya,” jelas Melody.

1 2

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×