TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Kumpulan Foto Kartini Yang Mungkin Belum Pernah Kita Lihat

  • Natasha Erika
  • Posted on : Selasa, 21 April 2015

Kumpulan Foto Kartini Yang Mungkin Belum Pernah Kita Lihat

Girls, kita bisa makin kenal sama sosok Ibu Kartini lewat foto-foto semasa hidupnya, lho. Ini dia foto-foto yang mungkin jarang kita temukan. Dari foto-foto ini kita bisa belajar tentang Kartini dan kehidupannya. Apa saja kumpulan foto Kartini yang mungkin belum pernah kita lihat?

 

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 10 Negara Yang Juga Peringati Hari Kartini

 

Kartini bersama suaminya, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat

 

(foto: wikipedia.com)

 

Kartini dijodohkan dan menikah pada 12 November 1903 dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah mempunya tiga istri. Sang suami mendukung impian Kartini untuk mendirikan sekolah wanita di Rembang.

 

 

Kartini bersama dua saudara, Kardinah dan Roekmini

 

 

(foto: rizkachika.wordpress.com)

 

Foto ini baru menampilkan dua saudara Kartini. Kartini adalah anak kelima dari sebelas bersaudara kandung dan tiri. Ia mengenyam pendidikan hingga usia 12 tahun. Setelah itu, ia harus mengikuti adat perempuan Jawa kala itu yang enggak memperbolehkan cewek melanjutkan pendidikan lagi.

 

 

Kartini bersama saudara kandung dan tirinya

 

(foto: simomot.com)

 

Nah, ini dia foto Kartini bersama saudara-saudaranya yang lain. Hmm, bisa tebak Kartini yang mana, girls?

 

 

Kartini ketika menjadi guru

 

(foto: simomot.com)

 

Foto ini bukan foto keluarga Kartini, lagi. Ini ketika Kartini bersama tiga saudaranya, Roekmini, Kartinah dan Soemarti mengajar dan menjadi guru. Kartini sudah mulai aktif mengajar sejak menikah. Untuk mengenang jasanya, Sekolah Kartini didirikan oleh keluarga Van Deventer pada 1918, beberapa tahun setelah Kartini meninggal.

 

 

Kartini bersama keluarganya

 

(foto: mutiarahmah.info)

 

Kartini berasal dari kalangan bangsawan Jawa atau disebut priyayi. Ayahnya, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, adalah bupati Jepara. Ibunya, M.A. Ngasirah adalah istri pertama. Kalau dilihat dari sisi ayah, garis keturunan Kartini bisa kita tilik balik sampai Kerajaan Majapahit, lho.

 

 

Kartini bersama sang ayah

 

(foto: simomot.com)

 

Di foto ini, Kartini sudah mulai beranjak dewasa. Kartini berada di samping ayahnya dan ditemani tiga saudaranya antara lain Soematri, Roekmini dan Kartinah.

 

Baca juga: Selain Kartini, Ini 4 Tokoh Lain Emansipasi Wanita di Indonesia

 

(foto: wikipedia.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×