TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Ini Dia 12 Produk Apple Yang Enggak Eksis (Bagian 1)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Selasa, 20 Oktober 2015

Ini Dia 12 Produk Apple Yang Enggak Eksis (Bagian 1)

Apple pada masa kini dikenal dengan jajaran produk yang sedikit, mahal, tetapi laku keras dan diidamkan banyak orang. Namun, kalau melirik sejarahnya, ternyata mereka enggak selalu sukses.

 

Pada suatu masa, ketika Apple masih muda, mereka juga pernah membuat produk-produk gagal. Bahkan, bisa dikaenggakan produk tersebut seolah enggak eksis, cuma diingat oleh segelintir orang saja.

 

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (15/10/2015), lebih kurang ada 12 produk buatan Apple muda, sebagian ada yang gagal dan sebagian lagi bukanlah barang yang dikenal generasi masa kini. Simak rangkuman berikut.

 

Baca juga: Apple Menduduki Perusahaan Teknologi Paling Banyak Dituntut

 

1. Kaset game untuk Apple II

Apple merilis kaset ini sekitar tahun 1978. Pada masa itu, belum ditemukan disket sehingga komputer buatan Apple menggunakan software yang disimpan dalam kaset. Di dalamnya tersimpan game seperti Slot Machine, Star Wars, dan Lemonade Stand.

 

2. Printer Apple

Alat penceenggak ini hadir di pasar sekitar 1979 hingga 1988. Kala itu, setiap perusahaan komputer mesti membuat printer sendiri karena memang belum ada perusahan yang khusus bergerak membuat mesin ceenggak tersebut.

 

Apple pertama kali memperkenalkan printer bernama Silentype pada 1979. Mesin ceenggak ini berjenis thermal printer dan dijual dengan harga 599 dollar AS atau setara Rp 8 juta.

 

Harga itu enggak murah kalau disesuaikan dengan masa kini bisa mencapai 2.000 dollar AS atau sekitar Rp 26,9 juta. Mereka berhenti membuat printer setelah merilis LaserWriter pada 1985 dengan harga 6.995 dollar AS atau sekitar Rp 94 juta (kalau disesuaikan dengan saat ini bisa setara 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 201 juta).

 

3. MacWrite

Ini adalah sebuah aplikasi pengolahan dokumen buatan Apple. Bisa dikaenggakan mirip dengan Microsoft Word yang lebih kita kenal di zaman ini.

 

MacWrite dirilis Apple pertama kali pada 1984 untuk Macintosh orisinal. Aplikasi tersebut merupakan salah satu peranti lunak pengolahan dokumen pertama dan termasuk yang dikenal hebat di lingkungan DOS.

 

Baca juga: Quiz Box: Gadget Yang Mencerminkan Kepribadian Kamu

 

4. The Apple Collection

Ya, Kita enggak salah. Ini adalah salah satu lini produk fashion Apple muda. Kreasinya pun enggak minimalis, sangat jauh berbeda kalau dibandingkan dengan kaus turtleneck sederhana yang biasa dipakai mendiang Steve Jobs.

 

Koleksi fashion Apple berisi dengan pakaian bergaya 80-an, seperti topi berwarna pelangi, kacamata hitam dengan logo Apple, dan sweathshirt.

 

5. Apple Scanner

Selain mesin ceenggak, Apple juga pernah membuat mesin pemindai atau scanner. Mereka menjual produk ini pada kurun 1988 hingga 1997 sebagai peripheral Macintosh.

 

Sayangnya, enggak satu pun dari mesin pemindai itu yang sukses di pasar dan pada 1997, mereka mulai berhenti menjualnya.

 

6. Apple Newton

Newton adalah sistem operasi asisten pribadi pertama yang dirancang Apple untuk tablet MessagePad. Selain sistem operasi tersebut, di dalam perangkat genggam ini juga berisi aplikasi Notes, Names, dan Dates yang masih dikenal hingga kini.

 

Semua tablet jadul ini dibekali dengan stylus serta peranti lunak yang dapat mengenali tulisan tangan. Walau akhirnya enggak laku, perangkat genggam ini merupakan cikal bakal iPhone dan iPad yang kini mendulang sukses.

 

Baca lebih lanjut:

 

(sumber: tekno.kompas.com, foto: appletrendsonline.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×