TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Hashtag Cut4Zayn Sama dengan Hoax Cut4Bieber Tahun 2013

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 26 Maret 2015

Hashtag Cut4Zayn Sama dengan Hoax Cut4Bieber Tahun 2013

Penasaran kenapa tiba-tiba muncul Cut4Zayn di social media? Banyak yang menduga kalau kampanye ini hoax, sama dengan hashtag Cut4Bieber tahun 2013 lalu.

 

(Baca juga: Internet Troll: Monster dari Dunia Maya)

 

Foto yang sama

Salah satu kecurigaan ini muncul karena foto-foto yang beredar sama persis dengan foto-foto yang beredar pada 2013 lalu. Baik foto-foto pergelangan tangan yang teriris, luka, atau menuliskan nama seleb tertentu dengan silet pada bagian tangan. Hampir semuanya sama, dengan perbedaan pada caption atau goresan nama yang diubah menjadi berkaitan dengan Zayn Malik. Tapi, ini semua bisa jadi hanya hasil editan.

 

Belajar dari cut4Bieber

Sebuah forum di situs 4Chan dicurigai sebagai pihak yang memulai campaign ini. Di dalamnya sempat ada ajakan untuk tweet foto cutting demi Justin. Beberapa akun yang ikut meramaikan hashtag ini dengan foto juga akhirnya mengakui kalau foto-foto itu hanya hoax. Dan mereka hanya menganggapnya sebagai troll alias sindiran dan bercanda.

 

(Baca juga: Kalau Jadi Korban Internet Troll)

 

Banyak Directiners yang enggak percaya

Karena saking menganggu dan mengagetkannya gambar yang beredar, maka makin banyak mengundang komentar netizen. Baik yang terperangah, mengutuk, atau membuat meme yang mengejek kejadian ini.

 

Tapi, banyak juga Directioners yang enggak langsung percaya. Mereka memulai kampanye tandingan dengan hashtag #stayclean4zayn.

 

Lebih berhati-hati

Self harm adalah masalah serius. Seseorang tidak akan melakukannya begitu saja karena mengikuti tren. Tapi kadang, ketika perasaan sedih, seseorang enggak berpikir panjang.

 

Sebagai Directioners, kita harus lebih berhati-hati ketika menemukan semuah gerakan atau kampanye dengan hastag tertentu. Pastikan dari mana awalnya. Dan piker-pikir, deh, kayaknya enggak mungkin idola menginginkan kita terluka. Iya, kan?

 

Stay safe in the internet, girls!

 

(Baca juga: Cutting For Bieber: Kampanye Hoax)

 

(foto: cambio.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×