TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

DITEMUKAN: Galaksi Segue 2

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 17 Juni 2013

DITEMUKAN: Galaksi Segue 2

Setelah sempat terdengar kabar bahwa telah ditemukan sebuah planet bernama Planet Einstein, kali ini para astronom dunia kembali menemukan satu dari jutaan rahasia di alam semesta. Penemuan yang dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal pada 10 Juni lalu ini, mengabarkan bahwa telah ditemukan sebuah galaksi kecil.

 

Sesuai yang dilansir pada kompas.com, galaksi yang diberi nama Galaksi Segue 2 ini memiliki 1000 bintang, yang disatukan oleh gumpalan materi gelap. Sebuah galaksi berukuran kecil, yang biasa disebut galaksi kerdil, yang mengorbit pada galaksi Bimasakti ini dianggap menjadi galaksi paling kecil yang pernah ditemukan manusia.

 

Mengingat dugaan bahwa seharusnya jumlah galaksi kerdil di alam semesta ini jauh lebih banyak dari yang sudah ditemukan, Galaksi Segue 2 ini merupakan salah satu penemuan yang bisa memperkaya pengetahuan manusia mengenai alam semesta. "Menemukan galaksi sekecil Segue 2 seperti menemukan gajah yang lebih kecil dari tikus," tutur James Bullock, seorang Kosmolog dari Uniersity of California, Irvine, dalam kutipannya di Space.com, 10 Juni 2013.

 

Galaksi ini termasuk galaksi yang redup. Menurut para astronom, kecemerlangan galaksi tersebut hanyalah sekitar 900 kali lebih terang dari matahari, cukup redup jika dibandingkan dengan Galaksi Bimasakti yang mencapai 20 miliar kali lebih terang. Wah, matahari saja sudah bisa menerangi dunia setiap saat, bahkan sampai melelehkan es di dua kutub. Jadi penasaran sama Galaxy Segue 2 yang lebih terang 900 kali. Sudah siap mencari penelitian lebih jauh girls?

 

(uswatun, foto: slashgear.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×