TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 1)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 24 April 2015

8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 1)

Lulus SMA memang jadi momen yang seru banget dalam hidup kita. Lulus SMA jadi pertanda kalau kita bakal masuk ke dunia yang lebih luas dan lebih bebas dari sekolah alias masuk dunia kuliah. Ketika lulus, ada tradisi yang umum banget dilakukan pelajar SMA untuk merayakan selesainya proses belajar di jenjang pendidikan sekolah.

 

Belum lama, beredar undangan 'pesta bikini' untuk merayakan kelulusan pelajar SMA di Indonesia. 'Pesta bikini' atau lebih tepat disebut pool party merupakan salah satu tradisi perayaan kelulusan di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat. 'Pesta bikini' di Indonesia menimbulkan kontroversi karena bukan tradisi yang umum dilakukan pelajar-pelajar di sini.

 

Sebenarnya, seperti apa sih tradisi perayaan kelulusan di Indonesia yang umum? Coba kita bandingkan dengan tradisi di Amerika Serikat yang cenderung bebas, yuk. Begini 8 tradisi kelulusan pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat.

 

Baca juga: Cara Terhindar Dari Pergaulan Nakal Di Sekolah

 

Ini dia tradisi perayaan kelulusan pelajar di Indonesia:

 

1. Konvoi di jalan

Dari jaman dulu sampai sekarang, tradisi konvoi di jalan menggunakan motor atau mobil sering dilakukan pelajar-pelajar yang baru lulus. Biasanya, para pelajar menggunakan beberapa atribut untuk membuat suasana jadi lebih ramai.

 

Kekurangan dari tradisi ini adalah sering banget bikin kondisi jalan jadi ramai lancar alias menimbulkan kemacetan. Selain itu, masalah keamanan berkendara juga yang biasanya enggak mematuhi peraturan seperti memakai helm.

 

2. Corat-coret seragam

Nah, ini dia tradisi yang turun temurun jadi tradisi lulus SMA. Sepertinya, ini jadi tradisi unik pelajar SMA khusus di Indonesia. Coret-coret seragam dengan spidol, pilox dan sebagainya. Coret-coret bisa berupa tanda tangan teman-teman satu angkatan atau bisa juga coretan enggak jelas.

 

Tradisi ini bisa dibilang sebagai sebuah tanda dan ungkapan yang pengin ditunjukkan kepada orang-orang kalau 'ini, lho, kita sudah lulus sekolah!' Tapi, di sisi lain, tradisi coret-coret ini dilarang beberapa sekolah karena enggak mencerminkan seorang lulusan yang teratur dan rapi.

 

3. Berdoa bersama

Setelah berhasil lulus sekolah, para pelajar juga enggak lupa  menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Umumnya, di sekolah-sekolah diadakan doa bersama satu angkatan. Atau, beberapa kelompok pelajar juga menggelar doa dan syukuran sendiri di luar sekolah.

 

4. Nyebur ke air

Nyebur ke air dan juga... nyeburin teman ke air. He-he-he. Biasanya, ini dilakukan oleh pelajar cowok di Indonesia. Lihat ada kolam renang atau danau buatan dekat sekolah, pelajar-pelajar SMA langsung berbondong-bondong menyeburkan diri sendiri dan juga nyeburin temannya ke air. Tapi, ini tradisi yang jarang dilakukan cewek-cewek karena basah-basahan dengan menggunakan seragam.

 

Wajib baca kelanjutannya di sini: 8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat (Bagian 2).

 

(foto: health.kompas.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×