TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

8 Karya Pak Raden Yang Mungkin Belum Kita Ketahui

  • Natasha Erika
  • Posted on : Senin, 2 November 2015

8 Karya Pak Raden Yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Walau kita enggak lahir pada era 70-an dan 80-an, kita wajib mengenal sosok pendongeng legendaris Indonesia satu ini, Pak Raden atau Drs. Suyadi. Pak Raden, pada era 70-an dan 80-an dikenal sebagai pendongeng anak-anak yang punya cara unik dalam bercerita. Salah satu karyanya yang sangat terkenal adalah Si Unyil. Tapi, selain Si Unyil, ada pula karya-karya Pak Raden lainnya yang bertujuan untuk mendidik dna menghibur anak-anak Indonesia. Yuk, kenalan lebih jauh sama Pak Raden lewat karya-karyanya!

 

Baca juga: Kisah Asli Yang Mengerikan dari Dongeng Disney

 

1. Si Unyil

(foto: kompasiana.com)

Pastinya, kalau karya Pak Raden satu ini dijamin udah kita ketahui sebelumnya. Si Unyil merupakan tokoh anak cowok yang selalu memakai peci dan sarung. Tokoh ini merupakan karya legendaris Pak Raden. Cerita Si Unyil yang pertama kali mengudara di TVRI pada 1981 ini enggak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Selain Unyil, ada pula teman-temannya Ucrit dan Usro serta Pak Raden dan Pak Ogah. Sekarang cerita Si Unyil telah diadaptasi modern menjadi Laptop Si Unyil.

 

2. Suti

Suti adalah buku pengenalan wayang kulit dan wayang orang untuk anak-anak. Buku ini merupakan salah satu karya Pak Raden yang belum sempat dipublikasikan. Buku Suti berisikan gambar-gambar Pak Raden yang menceritakan kisah pewayangan dengan gaya khasnya.

 

3. 210 Tahun HC Andersen

Buku 210 Tahun HC Andersen berisikan karya ilustrasi Pak Raden pada 1970 hingga 1980. Buku ini juga salah satu karya Pak Raden yang belum sempat diterbitkan ke publik.

 

4. Sketsa buku pelajaran sekolah

 

(foto: liputan6.com)

Pada era 70-an hingga 80-an, Pak Raden membuat sketsa sampul buku Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 dan buku Belajar Membaca dan Menulis Kelas 2.

 

Baca juga: Kumpulan Meme Paling Kocak Bertemakan Dongeng Disney

 

5. Petruk Jadi Raja

(foto: goodreads.com)

Pada 2008, Pak Raden sempat menerbitkan sebuah buku cerita anak berjudul Petruk Jadi Raja.

 

6. Timun Mas

Di awal kariernya tepatnya pada 1975, Pak Raden juga membuat film animasi Timun Mas yang ceritanya sudah melekat di kalangan anak-anak.

 

7. Gambar dongeng

(foto: detik.com)

Pak Raden mampu menghidupkan panggung dongeng dengan spidol dan papan tulis. Pak Raden dengan cepat dan kreatif menggambar adegan demi adegan sambil mendongeng. Ini dia teknik mendongeng yang khas banget dari Pak Raden yang bikin banyak anak bakal kangen sama sosoknya.

 

8. Lukisan-lukisan

Selama hidupnya, Pak Raden juga berkarya membuat berbagai lukisan tentang Indonesia. Ini dia beberapa lukisan karya Pak Raden yang dihimpun oleh Liputan6.com:

 

Pemain suling

 

Penari cantik

 

Dan... Masih banyak lagi karya Pak Raden yang bisa menambah panjang daftar ini. Sepanjang hidupnya, Pak Raden memang mengabdikan diri untuk anak-anak Indonesia lewat karya seninya. Selamat jalan Pak Raden (1932-2015).

 

Baca juga: 5 Tokoh Penting Kebangkitan Nasional Yang Wajib Kita Kenal

 

(foto: merahputih.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×