TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

7 Perbedaan Mockingjay Part 1 Versi Film dan Buku (Bagian 1)

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 2 November 2015

7 Perbedaan Mockingjay Part 1 Versi Film dan Buku (Bagian 1)

Enggak terasa The Hunger Games Trilogy sudah sampai di akhir cerita! Mockingjay Part 2 akan mulai tayang 20 November 2015 di Amerika. Siap-siap terharu sama akhir ceritanya, girls. Ups! Spoiler alert. Yuk coba kita flashback dulu ke Mockingjay Part 1, soalnya ada 7 perbedaan Mockingjay Part 1 versi film dan buku. Ini dia!

 

(Baca juga: Tutorial Gaya Rambut Katniss Everdeen di Film Mockingjay)

 

Perbedaan Tur ke Distrik 12

Di buku, cerita diawali dengan Katniss yang digambarkan sedang berkunjung ke District 12. Ia melihat kampung halamannya hancur lebur setelah pengeboman yang dilakukan Capitol. Bagaimana tengkorak berserakan di mana-mana. Katniss juga bertemu Buttercup, kucing kesayangan Prim dan membawanya ke Distrik 13.

 

Kita pembaca akan merasakan bagaimana emosi batin dari Katniss yang merasa tertekan dengan keadaan ini. Emosi ini sama seperti di film, namun di film cerita diawali dengan Katniss yang sudah berada di Distrik 13 bertemu Presiden Coin membicarakan iklan propaganda.

 

 

(Baca juga: Jennifer Lawrence: Antusias Sama Karakter Katniss  di Mockingjay Part 1)

 

Di film, Peeta enggak dipukuli

Pasti kita sadar kalau di film Mockingjay Part 1 lebih menampilkan perang antara Peeta dengan Katniss, keduanya sama-sama alat propaganda. Katniss untuk Distrik 13, sementara Peeta yang sudah dicuci otak untuk Capitol. Di tengah siaran, Peeta tiba-tiba memberikan peringatan serangan kepada Katniss dan Distrik 13.

 

Kalau di film, Peeta akan langsung diseret lalu tayangan berhenti. Sementara di buku, Peeta tertangkap kamera dipukuli dan berceceran darah di lantai. Mungkin masalah etis ya, girls, sehingga adegan ini ditiadakan?

 

 

(Baca juga: Quotes Romantis Peeta Mellark)

 

Effie Trinket di Distrik 13

Ini nih, perbedaan paling mencolok! Di film, Plutarch meminta Effie sebagai pemulih keadaan mental Katniss. Di buku, Effie sama sekali enggak muncul sampai di halaman terakhir! Yang ada hanya kedua temannya, Flavus dan Octavia.

 

Beda sudut pandang

Kalau di buku, kita hanya terlarut dalam sudut pandang Katniss, beda dengan di film! Kita bisa masuk ke dalam sudut pandang Presiden Snow, bagaimana Presiden Snow mengawasi Katniss dengan rencana-rencana kejinya.

 

 

(Baca juga: 7 Perbedaan Mockingjay Part One Versi Film dan Buku, Bagian 2)

 

 

(student journalist: niken/ SMAN 3 Bekasi, foto: hypable.com, quotesgram.com, tumblr.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×