TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 Kekurangan Pelaksanaan Ujian Nasional 2015 Secara Online

  • Natasha Erika
  • Posted on : Kamis, 9 April 2015

5 Kekurangan Pelaksanaan Ujian Nasional 2015 Secara Online

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online tahun ini. Tapi, pelaksanaan ini belum dilakukan di semua sekolah. Ujian Nasional 2015 online akan diikuti 585 sekolah di 26 provinsi. Ini 5 kekurangan pelaksanaan Ujian Nasional 2015 secara online yang perlu kita tahu.

 

Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia

 

Listrik padam

Ini dia salah satu masalah teknis yang bikin deg-degan kalau mengerjakan ujian secara online. Listrik padam jadi salah satu kekhawatiran para siswa dan terutama pihak sekolah. Beberapa sekolah ada yang menyewa genset untuk berjaga-jaga kalau listrik padam.

 

Belum terbiasa

Salah satu kekurangan pelaksanaan Ujian Nasional 2015 yang pertama kali dilaksanakan tahun ini adalah cara ini masih membingungkan siswa.  Karena masih baru, siswa masih belum terampil menggunakannya. Misal, lupa memasukkan data-data diri dan sebagainya.

 

Waktu ujian lebih lama

Untuk percobaan pertama ini, waktu ujian bakal lebih lama. Kalau biasanya ujian dilakukan 3 sampai 4 hari. Ujian Nasional 2015 secara online bakal digelar selama seminggu. Hal ini dikarenakan sekolah membagi peserta ujian menjadi tiga sesi agar dapat bergantian memakai ruangan komputer. Selain itu, ujian juga bakal dilakukan satu mata pelajaran untuk satu hari.

 

Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

 

 

Jaringan internet terputus

Siswi kelas XII SMK NU Ungaran kepada Kompas.com menceritakan pengalamannya menggunakan sistem online ketika mengerjakan Try Out UN 2015 beberapa waktu lalu. "Sebetulnya dengan sistem online ini lebih mudah mengerjakannya. Tapi, kemarin jaringannya sempat lemot sehingga materi soal terlambat muncul dan kesulitan memasukkan password," ucapnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa sekolah mulai menambahkan kecepatan internet.

 

Masalah teknis lainnya

Karena menggunakan komputer yang sudah terprogram, kadang bisa muncul juga masalah teknis lain seperti error atau gagal upload dan sebagainya. Tapi, pemerintah sudah menjamin agar masalah teknis seperti itu bisa dicegah dan dihindari.

 

Baca juga: 5 Keunggulan Pelaksanaan Ujian Nasional 2015 Secara Online

 

(foto: mequedouno.com.mx, knowyourmeme.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×