TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 Info Soal Kuliah Kedokteran Gratis di Universitas Padjadjaran

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 3 Februari 2016

(foto: drama Korea ‘Medical Top Team’)

Universitas Padjadjaran (Unpad) membebaskan biaya kuliah untuk program studi sarjana pendidikan dokter dan pendidikan dokter spesialis di Fakultas Kedokteran. Namun, untuk bisa kuliah gratis, ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut ini ada 5 info soal gratis di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

 

Baca juga: Selain Kedokteran, Ini 5 Jurusan Kuliah Terbaik Lain Untuk Anak IPA

 

Syarat utama

Syarat utamanya adalah peminat bersedia ditempatkan selama bertahun-tahun di wilayah Jawa Barat. Seperti dikutip dari Kompas.com, mahasiswa yang berminat harus bersedia mengabdi di wilayah atau instansi yang ditentukan saat lulus. Jika tidak memenuhi kesepakatan tersebut, ijazah tidak akan diberikan. Kesepakatan antara mahasiswa dan universitas dituangkan dalam perjanjian.

 

Tersedia 250 kursi

Pada tahun akademik 2016/2017 ini, FK Unpad akan menerima 250 calon mahasiswa dengan rincian 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN. Semua mahasiswa yang diterima melalui dua jalur seleksi tersebut akan digratiskan biaya kuliahnya melalui beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat maupun beasiswa dari berbagai pihak, termasuk instansi swasta.

 

Baca juga: 7 Serial Drama Korea Tema Kedokteran Yang Wajib Kita Tonton

 

Serial drama Korea tentang dokter
(foto: drama Korea 'Emergency Couple')

 

Tenaga dokter sangat dibutuhkan di daerah khusus

Kebijakan tersebut diambil untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat. Menurut Rektor Unpad Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, kondisi ketersediaan tenaga dokter dan dokter spesialis di Jawa Barat tidak merata. Kebanyakan tenaga dokter dan dokter spesialis masih terpusat di kota besar. Dengan program ini, Unpad berkomitmen membantu mendistribusikan tenaga dokter dan dokter spesialis ke semua wilayah di Jawa Barat.

 

Lulusan yang mengabdi kepada masyarakat

Dekan FK Unpad Dr Yoni Fuadah Syukriani, dr, MSi, SpF, DFM, menilai, program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar mencintai masyarakat. Unpad juga ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakatnya bagi para lulusannya. "Ini adalah salah satu cara memfasilitasi mereka (mahasiswa) sehingga bisa bekerja dengan baik di masyarakat dan kariernya bisa bangun," kata Yoni.

 

Komitmen kuat dari awal

Yap! Kita harus benar-benar yakin dan berkomitmen dari awal untuk menjadi calon mahasiswa dan kelak calon dokter yang mengabdi bagi masyarakat. Tri menambahkan, seperti ditulis Tempo.co, dokter lulusan kuliah gratis bersedia melanjutkan pendidikan spesialis, yang juga gratis di Unpad. Lama kuliahnya adalah 7-9 semester. Kelak, setelah lulus sebagai spesialis, masa kerja penempatannya selama 4-5 tahun. “Tidak ada istilah coba-coba untuk ini,” tuturnya.

 

Baca juga: Cara Sukses Masuk Universitas Padjadjaran Lewat SBMPTN

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×