TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Hari Raya Waisak

  • Muti Siahaan
  • Posted on : Minggu, 22 Mei 2016

(kompas)

Hari raya Waisak adalah hari raya besar bagi umat Budha.  Pasti banyak diantara kita yang hanya ikut merasakan hari liburnya saja karena hari Waisak sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Tapi udah tahu belum apa sih sebenarnya hari raya Waisak itu? Ini dia 5 hal yang perlu kita ketahui tentang hari raya Waisak.

 

Peringatan tiga peristiwa penting

Hari Waisak merupakan perayaan lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini (diperkirakan sekarang adalah negara Nepal) tahun 623 SM, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya pada usia 35 tahun di tahun 588 SM, dan Buddha Gautama wafat di Kusinara pada usia 80 tahun di tahun 543 SM. Makanya sering juga disebut Trisuci Waisak.

 

Tergantung kalender bulan

Perayaan Hari Waisak tiap tahunnya berbeda-beda karena perhitungan tahunnya menggunakan kalender bulan. Kalender bulan berbeda dengan kalender masehi yang sehari-hari kita pakai. Untuk tahun ini jatuh pada tanggal 21 Mei atau 22 Mei.

 

Memandikan Patung Sang Budha

Salah satu tradisi yang dilakukan pada hari Waisak adalah memandikan patung Budha, berbagi makanan vegetarian dan mendengarkan pengajaran dari para pendeta Budha.

 

1 2

Penulis :

  • Muti Siahaan

  • Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×