TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 Hal Yang Bikin Nuansa Distopia Film 'The 5th Wave' Berbeda Dengan 'The Hunger Games'

  • Natasha Erika
  • Posted on : Kamis, 21 Januari 2016

5 Hal Yang Bikin Nuansa Distopia Film 'The 5th Wave' Berbeda Dengan 'The Hunger Games'

Sama seperti Twilight yang berhasil membuka tren perfilman tentang makhluk abadi, The Hunger Games juga berhasil memunculkan tren film-film distopia. Seperti yang kita tahu, setelah The Hunger Games, muncullah beberapa film distopia seperti Divergent, The Maze Runner dan The Giver. Sekarang, muncul juga film terbaru berjudul The 5th Wave yang dibintangi oleh Chloe Moretz dan Nick Robinson.

 

Film The 5th Wave bercerita tentang serangan alien ke Bumi dengan lima gelombang berturut-turut. Nah, karena The Hunger Games sangat melekat, enggak jarang film distopia terbaru akan dibandingkan dengan perjuangan Katniss Everdeen dan kawan-kawan. Tapi, ada 5 hal yang bikin nuansa film The 5th Wave berbeda dengan The Hunger Games.

 

Baca juga: Kuis Berhadiah 10 Buku Novel 'The 5Th Wave' karya Rick Yancey

 

1. Ancaman datang dari luar, bukan dari dalam

Kalau di The Hunger Games, kita bakal menyaksikan manusia mengancam manusia lain. Tapi, kalau di The 5th Wave, ancaman itu datang dari luar bumi yaitu alien daripada pertarungan antara kelompok manusia yang satu dengan yang lain.

 

2. Fokus pada bertahan hidup melawan krisis daripada perlawanan

Dalam The Hunger Games, Katniss akhirnya berhasil menggulingkan The Capitol setelah hampir 75 tahun mengambil alih seluruh distrik. Perang yang sebenarnya di film ini telah berakhir, warga Panem harus memperbaiki sisanya. Tetapi di The 5th Wave, krisis baru saja dimulai dengan invasi asing yang akan datang.

 

Baca juga: 5 Fakta Tentang Nick Robinson, Pemain Film The Fifth Wave Yang Wajib Kita Tahu


3. Krisis terjadi bukan dalam sebuah arena

Setiap orang di film The 5th Wave akan mengalami namanya penyerangan di mana mereka berada dan kapan pun. Tetapi, di The Hunger Games, beberapa orang terpilih berjuang dan bertahan hidup dalam sebuah arena. Sementara warga lain di berbagai distrik menonton Hunger Games di televisi.

 

4. Pahlawan di 'The 5th Wave' tidak tahu siapa sekutunya

Kalau di The Hunger Games, Katniss mempunyai sekutu seperti Haymitch, Cinna, Peeta dan Gale. Tapi di The 5th Wave, pahlawan di film ini yaitu Cassie melalui semuanya sendiri, hal-hal baik dan hal-hal buruk.

 

5. Melatih tentara anak kecil

Sedikit spoiler. Jadi, buat yang belum nonton, mungkin sudahi membaca artikel ini sampai poin keempat. He-he-he. Tapi, kalau kita tetap pengen kepo poin terakhir ini, baiklah kita bisa membaca lanjutannya. Di film ini. The Others atau sebutan para alien yang menyerang, melatih anak-anak kecil untuk menjadi tentara super mereka. Nah, adik Cassie yang bernama Sammy, diculik untuk dilatih menjadi tentara super tersebut. Berbeda dengan The Hunger Games yang merekrut warga distrik untuk membunuh satu sama lain.

 

Baca juga: Apa Sih Dunia Distopia?

 

(sumber: bustle.com, foto: columbia pictures)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×