TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

5 fakta Seputar LINE Webtoon Yang Wajib Diketahui

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Kamis, 5 November 2015

5 fakta Seputar LINE Webtoon Yang Wajib Diketahui

Saat ini, webtoon tentunya sudah enggak asing lagi buat kita. Termasuk LINE Webtoon. Webtoon atau Web Cartoon memang jadi salah satu hiburan menarik buat kita karena bisa dinikmati langsung dari smartphone. Yuk cari tahu 5 fakta seputar LINE Webtoon yang wajib kita ketahui.

 

(Baca juga: Cara Membuat Stiker Diri Sendiri Yang Bisa Dikirim ke Chat Messaging)

 

Sepuluh Tahun

Sebenarnya, Webtoon ini sudah ada sejak sekitar sepuluh tahun lalu, tepatnya mulai tahun 2004. Awalnya, webtoon ini hanya terdapat di platform kecil. Menurut Junkoo Kim, founder dan kepala LINE Webtoon di acara LINE Creative Day, Kamis, 4 November 2015, Webtoon ini bermula sejak dia bergabung dengan NAVER, salah satu portal pencari terkenal di Korea.


1/3 Penduduk Korea

Masih menurut JunKoo Kim, total saat ini ada 6,5 juta, bahkan lebih, pembaca webtoon di seluruh dunia. Jika dirata-ratakan, sekitar 1/3 penduduk Korea membaca webtoon ini setiap bulannya. Tentunya ini adalah angka yang gede banget. LINE Webtoon juga sudah bekerjasama dengan 200 orang professional artist dan 140.000 amateur artist.

 

(Baca juga: 5 Drama Korea Yang Diangkat Dari Komik)

 

 

Terus Berkembang

Enggak hanya berupa webtoon, dalam perkembangannya webtoon ini dipindahkan ke platform lain seperti film, drama, game, da souvenir. Kenal dengan drama Orange Marmalade yang diperankan oleh Jonghyun 'CNBlue' dan Seolhyun 'AOA', girls? Nah, ini hanya salah satu webtoon yang diangkat menjadi drama.


LINE Webtoon Indonesia

Enggak hanya di Korea, di Indonesia pun webtoon ini juga berkembang banyak. Yang terkenal misalnya webtoon Si Juki karya Faza Meonk dan Pikaru X Pikaru karya Sweta Kartika. Ke depannya, LINE ingin bekerjasama lebih banyak dengan kartunis di Indonesia untuk menghasilkan webtoon yang menarik dan berkualitas.

 

(Baca juga: 6 Drama Korea Tentang Vampir Yang Wajib Ditonton)

 

 

Pemenang Lomba Webtoon

Untuk mengembangkan Webtoon ini, LINE sempat mengadakan lomba. Nah, di acara LINE Creative Day ini juga diumumkan pemenang dari lomba Webtoon ini. untuk juara tiga diraih oleh Afit (No Homo), Vega dan Satria (Nusantara Droid) dan Angelina (War, Alice). Untuk juara kedua diraih oleh Archie the Red Cat (Eggnoid) dan Chyntia (Flawless). Nah, webtoon berjudul My Pre Wedding karya Annisa Nisfihani berhasil menjadi juara satu. Selamat, ya.

 

(foto: linewebtoon.tumblr.com, sijuki.com, online-instagram.com)

 

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×