TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

4 Fakta Tentang Kota di Indonesia Yang Menggunakan Huruf Hangul Korea

  • Natasha Erika
  • Posted on : Kamis, 14 Januari 2016

4 Fakta Tentang Kota di Indonesia Yang Menggunakan Huruf Hangul Korea

Girls, tahukah kamu kalau ada kota di Indonesia yang menerapkan tulisan Hangul Korea?  Berikut 4 fakta tentang kota di Indonesia yang menggunakan huruf Hangul Korea untuk penulisan bahasa sehari-hari.

 

Baca juga: 5 Fakta Soal Cewek Indonesia Yang Main Drama Web Korea

 

Kota Bau-Bau

Seperti pernah dilaporkan Liputan6.com, sebuah kota di Indonesia ada yang memakai huruf Hangul Korea sebagai sistem tulisan bahasa daerah di sana. Kota tersebut adalah kota Bau-Bau yang terletak di selatan Pulau Buton, Sulawesi.

 

(foto: penulispro.net)

 

 

Bahasa Cia-Cia

Warga asli kota Bau-Bau adalah Cia-Cia dan bahasa asli daerah tersebut pun adalah bahasa Cia-Cia atau bahasa Buton Selatan. Bahasa ini termasuk dalam kelompok atau rumpun bahasa Austronesia. Pada 2009, bahasa ini mulai menggunakan huruf Hangul Korea sebagai penulisan bahasa Cia-Cia.

 

Baca juga: 5 Tradisi Puasa Ramadhan di Korea Selatan

 

Kenapa huruf Hangul?

Huruf Hangul dipilih dan digunakan untuk melestarikan bahasa Cia-Cia. Kalau menggunakan abjad Melayu, banyak kata-kata Cia-Cia yang enggak tercakup. Sementara kalau ditulis dengan huruf Arab Gundul akan berubah maknanya.

 

(foto: kompasiana.com)

 

 

Diajarkan di sekolah

Anak-anak yang bersekolah di kota tersebut diajarkan penggunaan huruf Hangul Korea mulai dari tingkat SD sampai SMA. Bahkan, buku teks pelajaran pun menggunakan tulisan Korea. Buku-buku tersebut dihasilkan oleh Persatuan Hunminjeongeum, sebuah organisasi swasta di Seoul yang berdedikasi untuk menyebarkan Hangul untuk semua bahasa yang belum tertulis di dunia.

 

(foto: apakabardunia.com)

 

Baca juga: Cari Tahu Nama Korea Kita dari Tanggal Lahir

 

(foto: forevainlovewithyou.blogspot.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×