TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

4 Fakta Di Balik Lomba Cerpen Faber-Castell 2015

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Kamis, 29 Oktober 2015

4 Fakta Di Balik Lomba Cerpen Faber-Castell 2015

Ada berita menarik nih buat kita yang suka banget menulis cerpen. Faber-Castell, perusahaan yang memproduksi alat-alat tulis, membuka kesempatan buat kita yang suka menulis untuk menjadi seorang penulis lewat lomba cerpen. Di tahun ketiga penyelenggarannya, Faber-Castell mengangkat tema Misteri. Misteri di sini enggak mesti harus berurusan dengan hantu-hantuan, tapi kita juga bisa menulis cerita yang menantan dan berisi teka-teki. Berikut empat fakta menarik di balik lomba penulisan cerpen Faber-Castell ini.

 

(Baca juga: 4 Fakta di Balik Pembuatan Pensil Eco-Friendly)

 

Ditulis Tangan

Yup, keistimewaan lomba ini adalah, kita harus menulis cerpen dengan tangan, bukan diketik. Kita tinggal me-download kertas di www.lombacerpen.com lalu ditulis tangan di atasnya. Setelah selesai, kita tinggal me-upload cerpen tersebut.

 

"Menulis tangan ini punya banyak manfaat. Menulis tangan bisa membantu kita untuk mengingat kembali suatu memori, bisa juga dimanfaatkan untuk memanggil kembali memori yang tertanam di otak kita. dan, bisa membuat kita lebih mudah dalam memahami dan mengerti," jelas Intan Savitri dari Forum Lingkar Pena, salah satu juri.

 


Kenapa Misteri?

Saat ini, cerita yang berbau misteri memang sedang tren. Dari tahun ke tahun, ada banyak banget buku bertema misteri yang beredar di pasaran. Itulah yang mendasari Faber-Castell mengangkat tema misteri untuk lomba cerpen tahun 2015 ini.

 

(Baca juga: Serunya Mulai Menulis)

 

Tantangan Menulis Misteri

Risa Saraswati, penulis buku Danur sekaligus juri, membeberkan beberapa tantangan yang biasanya dihadapi oleh penulis misteri. "Sebagai penulis misteri, kita harus mampu meyakinkan pembaca bahwa cerita ini benar-benar ada dan terasa menegangkan. Kita harus mampu menyerap pembaca agar takut da penasaran dengan kelanjutan dari cerita kita. kalau aku sendiri suka menulis cerita misteri biar orang-orang enggak takut hantu, soalnya aku bisa berinteraksi dengan mereka. sekarang, akhirnya banyak penulis yang menulis seperti ini," jelas Risa.

 

(Baca juga: Menulis Cerita Pribadi Bisa Mengubah Prilaku)

 

Dibukukan

Selain hadiah jutaan rupiah yang tersedia bagi pemenang, ada hadiah yang lebih menggiurkan lagi. yaitu, hasil karya pemenang akan dibukukan. Wah, siapa, sih, yang enggak senang melihat buku hasil karyanya terpajang di toko buku, seperti buku pemenang lomba cerpen tahun 2014 ini?

 

 

Nah, buat kita yang penasaran pengin ikutan lomba ini, bisa cek di www.lombacerpen.com. Selamat berkarya, girls.

 

(Foto: lombacerpen.com, penerbitbip.co.id, tumblr.com)

 

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×