TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

4 Fakta Di Balik Keikutsertaan Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Rabu, 19 Agustus 2015

4 Fakta Di Balik Keikutsertaan Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015

Dunia literasi Indonesia patut bangga nih, girls. Soalnya, Indonesia menjadi tamu kehormatan di ajang Frankfurt Book Fair 2015. Frankfurt Book Fair 2015 merupakan pameran buku terbesar di dunia. Acara ini akan diadakan tanggal 14-18 Oktober 2015. Kita cari tahu yuk 4 fakta di balik Indonesia sebagai Tamu Kehormatan di Frankfurt Book Fair 2015.

 

(Baca juga: 17 Ide Foto Buku Novel Favorit Yang Bagus Untuk Instagram)

 

79 Penulis

Secara keseluruhan, Indonesia akan mengirim 79 orang penulis untuk mengikuti acara Frankfurt Book fair 2015 ini. Dari ke-79 orang ini, 44 orang di antaranya merupakan penulis yang menerbitkan bukunya di Gramedia. Mereka di antaranya Sapardi Djoko Damono, Ayu Utami, Eka Kurniawan, Laksmi Pamuntjak, Sisca Soewitomo, A. Fuadi, Okky Madasari, Ahmad Tohari, Linda Christanty, Ratih Kumala, Leila S. Chudori, Yoris Sebastian, Suwati Kartiwa, dan lain-lain.

 

 

Unjuk Karya

Di acara ini, Gramedia akan menjadi exhibitor dan memiliki stand sendiri. Stand ini nantinya akan memamerkan buku-buku yang ada di kelompok penerbitan Gramedia, yaitu Gramedia Pustaka Utama, Elexmedia, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Buku Kompas. Rencananya, ada lebih dari 100 judul buku yang akan dibawa.

 

(Baca juga: Fakta Ilmiah Remaja Lebih Sering Baca Buku Dibanding Orang Dewasa)

 

Jual Beli Rights

Frankfurt Book Fair dipenuhi oleh orang bagian marketing dari suatu penerbit dan agen penulis untuk menjual rights atau hak cipta terjemahan suatu buku. Gramedia berharap nantinya penulis Indonesia ini bisa menjual hak terjemahan buku mereka untuk diterbitkan di bahasa lain.

 

Sampai saat ini, sudah ada beberapa buku Indonesia yang diterbitkan dalam bahasa asing. Seperti buku Gadis Kretek dari ratih Kumala yang diterbitkan di Jerman, Saman dari Ayu Utami yang diterbitkan dalam bahasa Amharic, Lelaki Harimau dari Eka Kurniawan yang diterbitkan dengan judul Tigermann dalam bahasa Jerman dan L'Uomo Tigre dalam bahasa Italia, Amba dari Laksmi Pamuntjak yang diterbitkan dalam bahasa Jerman dengan judul Alle farben Rot serta Sejarah Melayu yang diterbitkan dalam bahasa Malaysia.

 

 

Mengenalkan Sastra Indonesia

Keikutsertaan Indonesia di ajang Frankfurt Book Fair 2015 ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan sastra Indonesia di mata internasional. Tentunya, banyak penulis berbakat dengan karya-karya hebat mereka yang mampu memperkenalkan Indonesia di dunia internasional dan menjadi sumbangan pemikiran dunia.

 

(baca juga: Tips Tempat Asyik Buat Baca Buku)

 

(foto: journeymart.com, tumblr.com)

 

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×