TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

3 Fakta 'Senyap', Film Dokumenter Tentang Indonesia Yang Masuk Nominasi Oscar 2016

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 15 Januari 2016

3 Fakta 'Senyap', Film Dokumenter Tentang Indonesia Yang Masuk Nominasi Oscar 2016

Film dokumenter berjudul Senyap (The Look of Silence) karya sutradara Denmark, Joshua Oppenheimer, masuk nominasi Oscar untuk kategori Documentary Feature. Dalam film tersebut, sineas Amerika Serikat mengangkat tema soal pembantaian massal pasca tragedi Gerakan 30 September (G30S) di tahun 1965. Berikut 3 fakta Senyap, film dokumenter tentang Indonesia yang masuk nominasi Oscar 2016.

 

Baca juga: 6 Rekomendasi Film 'Berat' Nominasi Oscar 2016 Yang Cocok Ditonton Remaja

 

Topik yang diangkat film ini

Film ini bakal merunut kisah Adi, seorang pria yang keluarganya dituduh anggota PKI. Kakak kandungnya menjadi korban pembantaian di tahun 1965, dan Adi memutuskan untuk mencari tahu siapa pembunuhnya. Di sini, kita bakal menyaksikan gimana dia harus menghadapi ketakutannya dan bertemu dengan orang-orang yang mungkin bertanggungjawab atas kematian kakaknya.

 

Telah mendapat penghargaan internasional

Sebelum masuk nominasi ini, Senyap sudah pernah membawa pulang beberapa penghargaan di berbagai festival film dunia antara lain Berlin International Film Festival dan Busan International Film Festival.

 

Baca juga: 5 Film Indonesia Yang Hampir Masuk Penghargaan Oscar

 

Pesaing nominasi Oscar 2016

Dalam ajang Academy Award ke-88 tahun 2016, film kedua dari Oppenheimer setelah Jagal (The Act of Killing) ini akan bersanding dengan dokumenter tentang penyanyi Amy Winehouse berjudul Amy, perdagangan narkoba di Mexico berjudul Cartel Land, dokumenter tentang penyanyi Nina Simone What Happened, Miss Simone? dan protes Euromaidan di Ukraina berjudul Winter on Fire: Ukraine's Fight for Freedom buat menyabet gelar film dokumenter panjang terbaik.

 

Seluruh nominasi yang masuk ajang ini baru diumumkan di Samuel Goldwyn Theater di Beverly Hills, Kamis (14/01) lalu. Sementara ajang penghargaannya sendiri bakal diadakan pada 28 Februari 2016 di Los Angeles. Mari ditunggu!

 

Wajib banget kita melihat trailer film dokumenter ini apalagi kalau belum nonton filmnya. Dijamin bakal merinding!

 


Baca juga: Fakta-Fakta Yang Belum Kita Ketahui di Balik Pemenang dan Nominasi Oscar 2015

 

(sumber: jeanett/hai-online.com, foto: filmsenyap.com)

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×