TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

10 Ramalan Kiamat Dunia Yang Meleset (Bagian 2)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 27 Mei 2015

10 Ramalan Kiamat Dunia Yang Meleset (Bagian 2)

Banyak yang menganggap ramalan kiamat itu sesat. Namun, ada juga yang percaya. Ramalan tentang kiamat yang kebanyakan berasal dari latar belakang keagamaan sudah sering diungkapkan. Tapi, sejauh ini, ramalan-ramalan tersebut enggak terbukti. Berikut 10 ramalan ternama tentang kiamat dunia yang meleset alias enggak pernah terjadi.

 

 

Baca juga: 4 Teori Ilmiah Suara Misterius dari Langit Yang Menyerupai Bunyi Trompet Sangkakala

 

 

Nostradamus, Agustus 1999

(foto: ampress.ro)

 

Karya tulis Michel de Nostradame yang sangat membingungkan dan metaforis telah menarik perhatian banyak orang selama lebih dari 400 tahun. Tulisannya, yang ketepatannya sangat tergantung pada interpretasi yang sangat fleksibel, telah diterjemahkan dalam puluhan versi berbeda. Salah satu baris tulisannya menyebutkan, "Tahun 1999, bulan ketujuh / Dari langit datang raja besar teror." Banyak pengikut Nostradamus menjadi resah karena menduga bahwa inilah penglihatan sang peramal terkenal itu terhadap kiamat.

 

Y2K, 1 Januari 2000

Ketika abad lalu hampir berakhir, banyak orang khawatir bahwa komputer akan menyebabkan kiamat. Permasalahannya, yang diketahui sejak 1970, adalah bahwa banyak komputer takkan bisa membedakan antara tahun 2000 dan 1900. Tak ada yang tahu pasti apa efeknya, tapi banyak yang menduga akan terjadi bencana, mulai dari mati lampu massal hingga ledakan nuklir. Penjualan senjata meningkat dan orang bersiap bertahan hidup dalam bungker. Namun nyatanya, tak banyak kesalahan terjadi ketika milenium baru dimulai.


5 Mei 2000

Kalau memang kesalahan Y2K tak terjadi, maka bencana global dijamin akan terjadi oleh Richard Noone, pengarang buku 5/5/2000 Ice: the Ultimate Disaster di tahun 1997. Menurut Noone, massa es di Antartika akan menjadi setebal 3 mil pada tanggal 5 Mei 2000, suatu tanggal yang juga bertepatan dengan sejajarnya planet-planet di tata surya, yang entah bagaimana akan menyebabkan pembekuan global yang fatal. Tanggal itu berlalu dan bumi belum beku, tetapi buku itu malah "panas" di pasaran. Mungkin juga, pemanasan global mencegah terulangnya zaman es itu.


God's Church Ministry, musim gugur 2008

Menurut pendeta dari God's Church, Ronald Weinland, akhir zaman telah tiba, lagi. Bukunya di tahun 2006, 2008: God's Final Witness, menunjukkan bahwa ratusan juta orang akan meninggal, dan pada akhir 2006, "paling lama 2 tahun tersisa sebelum dunia mengalami waktu terburuk sepanjang sejarah manusia. Pada musim gugur 2008, Amerika akan tumbang sebagai negara berkuasa, dan tak akan menjadi negara merdeka lagi," dan buku itu juga mencatat, "Ronald Weinland mempertaruhkan reputasinya sebagai nabi akhir zaman Tuhan."

 

Kalender Maya, 21 Desember 2012

(foto: bitrebels.com)

 

Ini dia ramalah akhir zaman yang paling bikin geger beberapa tahun lalu. Beberapa orang menginterpretasikan kalender Suku Maya meramal bahwa kiamat terjadi pada 21 Desember 2012. Hal itu dilihat dari kalender Suku Maya yang habis pada 21 Desember. Beberapa orang kemudian menduga kalau enggak akan ada kehidupan lagi setelah hari itu.

 

Nah, kesepuluh ramalan itu tidak terjadi sehingga ada baiknya kita juga enggak khawatir berlebihan tentang ramalan akhir zaman lainnya. Bukankah banyak tulisan yang menyebutkan bahwa tidak seorang pun akan tahu waktunya?

 

Baca kelanjutannya di: 10 Ramalan Kiamat Dunia Yang Meleset (Bagian 1)

 

(sains.kompas.com, foto: papermag.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×