TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Terlalu Sering Bilang "Maaf"?

  • Redaksi Cewekbanget
  • Posted on : Kamis, 11 April 2013

Terlalu Sering Bilang "Maaf"?

Tanpa sadar, setiap melakukan sesuatu kita ngomong 'maaf'. Bahkan dalam satu kalimat, ngomong maafnya sampai lebih dari tiga kali. Aduuuh, jangan gitu dong. Ada banyak cara untuk enggak bilang maaf dan kita tetap ngerasa enak hati.


Dengarkan dengan baik

Kita minta maaf karena pasti ada salah pengertian. Bisa jadi karena kita suka bengong, asyik sama HP sehingga kita enggak mendengar dengan baik apa yang orang lain bicarakan. Jadi, dari pada minta maaf, ketika ada orang ngomong, konsentrasi, dengarkan dengan baik. Sebelum menjawab berhenti sebentar untuk berpikir baru ngomong. Easy,eh?

 

Enggak enak sama teman

Pikir baik-baik kenapa kita harus minta maaf.  Enggak enak sama teman? Enggak yakin sama apa yang kita bicarakan?  Sering kejadian karena dua hal ini.  Kenapa harus enggak enak sama teman kita kalau pendapat kita berbeda?  Tiap orang malah harus punya pendapat yang berbeda. Yang penting kita pilih kalimat dan intonasi yang manis dan menyenangkan sehingga orang enggak kesal.

 

Be honest

Kadang kata maaf adalah cara lain, untuk ngeles. Hi..hi..  Kenapa enggak ngomong jujur apa adanya aja. Bisa minta bantuan sahabat atau orang tua kita untuk menemani kita saat ngomong yang sebenarnya.

 

Pilih kata yang lain

Dari pada bilang maaf, banyak cara mengeskpresikan ketidak setujuan, atau menghindari rasa enggak enak lainnya.  Kita bisa bilang,  'Kamu bener tapi aku rasa lebih baik..... ' . Cara lain,  ' Aku dapat info.... Jadi menurut aku sebaiknya.... '   bisa juga, ' aku enggak masalah kamu ingin A, tapi aku pribadi lebih suka  B.'  

 

Enggak pede

Seringnya minta maaf jadi salah satu ciri kita masih enggak pede. Ayo latih rasa pede kita, dan otomatis kita berhenti ngomong 'maaf' dikala enggak perlu.

 

(muti, foto: shutterstock)

Penulis :

  • Redaksi Cewekbanget

  • Cewekbanget

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×