TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Sebenarnya Belajar Efektif Untuk Ujian dan UN Itu Bagaimana?

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 4 April 2016

Belajar efektif menurut kamu seperti apa, girls? (foto: memecenter)

Menjelang ujian, kita membaca setumpuk buku, menghabiskan berjam-jam waktu berkutat dengan buku-buku tersebut. Namun, apakah hal itu efektif dan mampu membuat kita memahami apa yang tengah dipelajari? Sebenarnya belajar efektif untuk ujian dan Ujian Nasional (UN) itu bagaimana, sih?

 

(Baca juga: 8 Cara Belajar Ini Bikin Kita Tambah Jenius)

 

 

Selama ini, seringkali kita rela begadang ketika belajar, terutama menjelang ujian. Juga menumpuk banyak buku yang harus dibaca karena dirasa bisa membantu dalam memahami suatu topik. Terlihat jelas bahwa kita berusaha keras banget dalam belajar. Seperti dikemukakan dalam hasil penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, cara belajar yang sering dilakukan selama ini, seperti membaca banyak buku di tempat yang sama selama berhari-hari, menghabiskan waktu berjam-jam untuk berkonsentrasi memahami satu topik, ternyata enggak menjamin kita bisa memahami materi tersebut untuk waktu yang lama.

 

Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh National Survey of Student Engagement di Amerika tahun 2012 lalu. Penelitian tersebut menemukan rata-rata siswa belajar 15 jam per minggu, di luar jam belajar sekolah. Dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa enggak selamanya waktu sebanyak itu berhasil membuat kita sukses dalam belajar. Penemuan lainnya, ternyata enggak ada kaitan antara lamanya kita belajar dengan hasil yang didapatkan. Yang terpenting adalah, bagaimana cara belajar kita. Ada 12 cara belajar efektif yang bisa kita coba terapkan, mari kita simak, girls.

 

(Baca juga: 5 Cara Mudah Belajar & Memahami Pelajaran Ilmu Sosial)

1 2 3 4

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×