TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Penelitian Menemukan Cara Mengetik Chat Seperti Ini Terlihat Enggak Tulus

  • Natasha Erika
  • Posted on : Kamis, 10 Desember 2015

Penelitian Menemukan Cara Mengetik Chat Seperti Ini Terlihat Enggak Tulus

Saat paling menyebalkan saat berkirim chat atau pesan teks adalah ketika menerima balasan dengan menggunakan kata singkat dan tanda titik di akhirnya. Apalagi kalau dapat balasan chat seperti itu dari gebetan. Pastinya, langsung bikin galau. Bahkan, kata-kata netral pun terlihat menjengkelkan jika diakhiri dengan titik. Ternyata, ada penelitian yang turut mendukung perasaan atau emosi yang umum kita alami kalau menerima chat seperti itu, girls! Menurut para peneliti, ternyata ada arti dibalik tanda baca tersebut.


Baca juga: Tips Biar Bisa Chat Lama Sama Cowok atau Gebetan

 

Tanda titik dalam chat

Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Computers in Human Behavior menyatakan bahwa meletakkan tanda titik di akhir chat atau pesan teks membuat kita terlihat enggak tulus. Seenggaknya begitulah yang disampaikan para peneliti dari Universitas Binghamton.

 

(foto: hercampus.com)

 

Para peneliti ini meminta 126 sarjana untuk membaca beberapa percakapan. Baik dalam bentuk pesan elektronik maupun tulisan tangan. Percakapan itu berisi kata-kata netral (seperti 'Oke', 'Yup', 'Baiklah', 'Yeah') yang diakhiri dengan tanda titik dan tidak. Pesan yang diakhiri dengan tanda titik, baik dalam pesan elektronik maupun tulisan tangan, menunjukkan rasa enggak tulus.

 

Baca juga: 8 Obrolan Chat Yang Cowok Enggak Ingin Terima dari Cewek

 

Kenapa seperti itu?

"Pesan teks enggak begitu banyak memiliki gestur sosial seperti yang ada pada percakapan tatap muka. Ketika berbicara, orang dengan mudah menunjukkan informasi sosial dan emosionalnya melalui tatapan mata, ekspresi muka, nada suaranya, dsb. Hal-hal itu enggak bisa digunakan melalui pesan teks. Jadi masuk akal jika kita atau pengirim chat hanya bisa menunjukkan emosi melalui emoji," kata Celia Klin, pemimpin penelitian ini.

 

(foto: hercampus.com)

 

Hmm... Ternyata begitu. Mungkin di antara kita ada yang enggak nyadar kalau tipe chat seperti itu bisa menimbulkan kesan cuek, males, bahkan enggak tulus. Padahal, kita mungkin biasa-biasa saja saat mengirim chat. Rasanya, enggak ada salahnya kalau kita mulai menambahkan satu atau dua emoji di akhir chat untuk menunjukkan emosi kita. Hi-hi-hi.

 

Baca juga: Kenapa Emoji Nangis Bahagia Jadi Kata Terpopuler 2015?

 

(sumber: intisari-online.com, foto: huffingtonpost.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×