TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Makanan Jatuh Masih Bisa Dimakan Asal Belum Lima Menit? Ternyata Salah

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Rabu, 15 Juni 2016

Pernah makan makanan yang udah jatuh?

Sering mengambil makanan yang jatuh dan berharap masih bisa kita makan karena belum lima menit? Pernah dikasih tahu kalau makanan yang jatuh belum lima menit masih bersih dan aman buat dimakan? Ternyata anggapan ini salah, girls!

 

Apakah waktu berpengaruh?

Dr. Paul Dawson, professor di Clemson University membuat sebuah penelitian soal ini. Ia meletakkan makanan di lantai selama 30 atau 60 detik lalu menghitung jumlah bakteri yang berpindah dari lantai ke makanan. Penelitian ini dilakukan juga dalam waktu dua, empat, delapan, dan 24 jam untuk membuktikan apakah lamanya makanan jatuh berbanding lurus dengan jumlah bakteri yang berpindah.

 

Hasil penelitian ini menujukkan kalau berapa lama makanan jatuh di lantai enggak berpengaruh terhadap jumlah bakteri yang berpindah. Yang berpengaruh adalah sebanyak apa bakteri yang ada di lantai itu ketika makanan jatuh. Begitu juga jenis tempat atau lantai tempat makanan jatuh.

 

Jatuhnya di mana?

Makanan yang jatuh di karpet sedikit lebih aman karena hanya sekitar 1% jumlah bakteri salmonella yang berpindah ke makanan. Sementara di lantai ubin dan kayu jumlah bakterinya lebih banyak sekitar 48% sampai 70%.

 

Walaupun makanan yang jatuh di lantai rumah sendiri mungkin lebih aman dari e-coli karena kita selalu menjaga kebersihannya. Tapi resiko itu selalu ada. Jadi, anggapan ‘asal belum lima menit’ enggak bener-bener banget juga, sih. Tetep mau coba? (sumber: seventeen.com)

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×