TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Kenapa Cewek Suka Pakai Baju Mirip Temannya?

  • Redaksi Cewekbanget
  • Posted on : Rabu, 3 Desember 2014

Kenapa Cewek Suka Pakai Baju Mirip Temannya?

Kenapa ya kita, cewek, suka memakai baju yang mirip dengan teman-teman kita?

 

 

(Baca juga: Selena Gomez & Taylor Swift Outfit Kembaran)

 

 

Hasil penelitian

Sebuah penelitian diadakan untuk mempelajari kenapa cewek suka pakai baju mirip, bahkan, sama atau serupa dengan teman mereka.

 

"Saya memberi contoh dua orang remaja cewek yang bersahabat dan bermain saling meniru. Salah satunya menggunakan si sahabat sebagai sarana untuk mendukung egonya," ujar Brenda Berger PhD, seorang psikoanalis yang berdomisili di New York City, Amerika Serikat.

 

(Baca juga: Cowok Paling Suka Lihat Cewek Pakai Baju Warna)

 

Memupuk rasa percaya diri

Dengan mengenakan celana jins yang sama, lanjut Berger, salah satu remaja yang menyontek gaya busana temannya mencari cerminan, penyesuaian eksternal, dan dukungan untuk memupuk kepercayaan diri. Tujuannya tentu saja untuk memompa rasa percaya diri dan tidak merasa rapuh. Menurut Berger, konsep pencerminan ini sama halnya dengan anak yang meniru tingkah laku ibunya.

 

Sementara itu, Stephanie Newman PhD, psikolog yang melakukan penelitian tersebut mengungkapkan bahwa fenomena ini merupakan konsep twinning atau kembaran, yang dimanfaatkan sejumlah orang untuk memahami dan mengungkap sosok yang diinginkan. Selain itu, mereka ingin mengubah citra diri agar mirip dengan temannya.

 

"Konsep ini masuk akal saja, karena remaja cewek selalu ingin mencari jati diri terbaik. Berbeda dengan orang dewasa. Ambil contoh misalnya seorang cewek dewasa mengagumi Sophia, sahabatnya. Namun, ia enggak pengin menjadi Sophia, tapi hanya pengin memiliki blazer dan tas yang sama seperti milik Sophia," ungkap Newman. (Sumber: Glamour).

 

(Baca juga: Elle Fanning Suka Pinjam Baju Dakota)

 

(sakina/female.kompas.com, foto: tumblr.com)

 

Penulis :

  • Redaksi Cewekbanget

  • Cewekbanget

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×