TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Keluhan Menjelang Ujian

  • Redaksi Cewekbanget
  • Posted on : Senin, 4 April 2016

Keluhan Menjelang Ujian

Menghadapi ujian, atau ulangan, ada banyak kesulitan yang kita rasakan. Siapa tahu beberapa jawaban dari psikolog, Sani B. Hermawan ini bisa membantu kita, girls!

 

Q: Aku bakal menghadapi UN nih. Bagaimana tips mengatur waktu supaya bisa memelajari semua pelajaran tersebut?

 

"Coba buat time schedule. Dalam satu hari, berapa lama kita belajar dan materi apa yang mau kita pelajari. Nah, kalau kita udah buat rencana, kita harus konsisten dan disiplin untuk melakukan rencana tersebut. Jangan lupa seimbangkan waktu belajar dan bersenang-senang.  Bagaimanapun, semuanya harus seimbang, ada waktu harus bermain dan belajar."

 

Q: Aku pusing banget!  Semakin dekat ujian, sekolah jadi semakin gencar menyelenggarakan les. Aku jadi jenuh dan malas melihat buku pelajaran. Bagaimana mengatasi perasaan itu? 

 

"Pusing dengan sekolah itu wajar, kok. Tapi jangan jadi patah semangat untuk terus belajar. Les itu kan sebagai latihan untuk persiapan UN dan ujian masuk PTN. Kalau udah jenuh dan bosan dengan pelajaran, itu berarti sudah waktunya kita hangout bareng teman atau nge-date sama gebetan. Tapi, jangan hanya ingin senang-senang aja dan enggak mau belajar. Kita harus pintar-pintar mengatur waktu. Supaya waktu enggak habis hanya untuk belajar atau hanya untuk bersenang-senang."

 

Q: Aku stres banget mau ujian. Supaya aku bisa lulus, aku harus menghadapi berbagai macam ujian. Apalagi pemerintah menetapkan standar tinggi untuk nilai kelulusan. Metode yang dipakai pemerintah juga selalu berbeda setiap tahunnya. Sumpah deh, aku rasanya mau mati aja. Aku takut banget nanti enggak bisa lulus ujian.

 

"Punya banyak keinginan itu bagus, tapi kalau kita enggak punya rencana untuk mewujudkannya, percuma...  Ada rencana, tapi kita enggak mau melakukan dan pengin langsung lulus aja juga enggak bisa. Makanya kita harus bisa memotivasi diri supaya lebih bersemangat dalam mewujudkan apa yang kita inginkan. Untuk mendapatkan hasil memuaskan, kita harus melakukan usaha ekstra."

 

Q: Ada enggak sih tips sukses biar lulus UN?

 

"Yang penting, kita harus sering latihan soal. Dengan sering latihan, kita jadi lebih tanggap dan tahu bagaimana menyelesaikan trik soal itu. Lagipula, kita jadi tahu, soal-soal apa yang paling sering keluar dalam UN tiap tahunnya. Teori harus kuat, latihan juga harus kuat."

 

Q: Bagaimana cara mengatasi stres saat menghadapi ujian?

 

"Stres saat ujian itu pasti dialami setiap orang. Kita udah belajar mati-matian, tetap aja panik. Makanya selain persiapan, kita juga harus bisa mengendalikan panik. Sebelum mulai, tarik napas lebih dalam. Bernapas bisa jadi cara oke untuk menyuplai oksigen ke otak. Berdoa juga bisa membuat kita lebih tenang."

 

Q: Saat ujian, aku sering lupa dengan materi pelajaran yang udah aku hafalkan. Bagaimana caranya biar tetap fokus selama ujian?

 

"Sebenarnya, setiap orang punya ciri khas sendiri pas lagi stres. Kita harus tahu kita itu tipe yang mana ketika sedang stres. Hanya kita yang tahu juga bagaimana mengendalikan stres itu. Misal, ketika stres ujian, kita bakal memegang buku dengan sangat kencang. Enggak masalah, pegang aja buku itu lebih kencang kalau memang itu bisa membuat kita merasa lebih baik."

 

(anggi, foto: parentingpink.com)

 

Penulis :

  • Wita Adelina

  • Reporter Kawanku Magazine

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×