TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Ini Ciri Cowok yang Berpotensi Melakukan Kekerasan Saat Pacaran

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Selasa, 3 Mei 2016

foto: telegrafi.com

Naksir atau mungkin jatuh cinta sama seseorang memang bisa bikin segala sesuatunya jadi terasa indah dan selalu benar. Tapi jangan sampai rasa suka kita sama seorang cowok bikin kita jadi buta alias enggak sadar akan potensi tindakan kekerasan baik fisik, mental atau pun emosi yang mungkin dilakukan cowok itu, girls. Ini ciri cowok yang berpotensi melakukan kekerasana saat pacaran alias abusive relationship.

 

Baca juga: 5 Tanda Abusive Relationship


Psikolog sekaligus pendiri yayasan Pulih, yayasan yang aktif membantu korban kekerasan, Livia Iskandar, mengatakan kalau sebenarnya pelaku korban kekerasan terhadap cewek sudah bisa kita deteksi sejak masa pacaran.  Bahkan mungkin hal ini juga sebenarnya bisa kita lihat dari karakter atau gelagat dia saat sedang PDKT dengan kita juga dari hubungan dia dengan keluarganya. "Pelaku korban kekerasan umumnya adalah cowok yang punya sense of entitlement, merasa punya hak istimewa sebagai cowok," ujar Livia.


Menurut Livia, didikan dari orangtua dan lingkungan keluarga yang biasanya membentuk pola pikir atas hak istimewa mengutamakan cowok dan mengsubordinatkan (menganggap rendah) cewek. "Mereka dibesarkan di keluarga yang memperbolehkan jika seseorang dalam posisi superior tersebut (menjadi seorang cowok) bisa melakukan apapun atau semena-mena pada yang inferior (cewek)," imbuhnya.

 

Baca juga: 5 Cara Bebas Dari Abusive Relationship

 

Amati sikapnya pada orang lain
Selain mengamati hubungan cowok itu dengan keluarganya, amati juga pola perilaku cowok itu terhadap orang lain. "Biasanya tak hanya kasar dengan pasangan, tetapi juga dengan orang lain, mereka tak bisa mengolah kemarahannya," jelasnya.


Terakhir, Livia mengatakan bahwa mayoritas pelaku kekerasan bukanlah orang yang memiliki gangguan jiwa atau kelainan seksual, melainkan memang merasa puas dengan kekuasaan atas orang lain.

 

Sumber: kompas.com

 

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Abusive Relationship

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×