TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Cara Agar Pendapat Kita Lebih Didengar Saat Diskusi atau Ngobrol Bareng Teman-teman

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Minggu, 1 Mei 2016

sumber: afterellen.com

Mungkin di antara kita ada yang sering kesal karena pendapat kita enggak dihargai atau jarang di dengarkan saat diskusi atau ngobrol bareng sahabat atau teman-teman ya. Baik itu saat lagi ngobrol santai, rapat atau diskusi kelompok. Ternyata ada lho triknya atau cara agar pendapat kita lebih didengarkan saat diskusi atau ngobrol bareng teman-teman.

 

Baca juga: Tips Agar Lebih Percaya Diri Di Sekolah

 

Trik tersebut dibuktikan lewat penelitian dari University of Illinois, University of British Colombia, dan Harvard yang menemukan bahwa suara yang memberikan kesan tegas dan berkuasa biasanya menarik perhatian orang untuk mendengarkan kita.

 

Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen terhadap 274 responden yang diminta untuk mendengarkan kalimat yang sama, tetapi dibuat dengan beragam tingkat kedalaman suara. Berdasarkan eksperimen tersebut, penelitian menemukan bahwa suara yang berat dianggap lebih berpengaruh, lebih kuat, dan lebih mendominasi.

 

Baca juga: 7 Cara Lebih Percaya Diri Buat Cewek Pemalu (Bagian 1)

 

"Hal yang menarik dari penelitian ini adalah sekarang kita tahu bahwa manusia menggunakan suara mereka untuk menyatakan status mereka. Sebelumnya, kita lebih banyak berfokus pada postur tubuh dan mengabaikan suara. Tapin, studi ini menyatakan bahwa suara sangat menarik dan sangat efektif untuk menjadi penghubung status komunikasi yang dinamis," ujar Joey Cheng, peneliti dari University of Illinois.

 

Jadi, mulai sekarang latihlah nada suara kita agar dapat menjadi lebih berat supaya lain kali ketika kita berbicara, semua orang memperhatikan Anda. Kita bisa melatih suara untuk memberikan kesan tegas, tetapi pastikan bahwa suara itu jangan dibuat-buat. (Silvita Agmasari/kompas.com)

Sumber: Cosmopolitan UK

 

Baca juga: Ketika Berbeda Pendapat Dengan Orangtua Tentang Jurusan Kuliah

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×