TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Bentuk Pembalut Dari Masa Ke Masa

  • Muti Siahaan
  • Posted on : Minggu, 29 Mei 2016

(tumbrl.com)

Pernah enggak kita kepikiran seperti apa yang pembalut jaman dulu? Seperti apa sih cewek jaman dulu menjalani menstruasi? Ini dia bentuk pembalut dari masa ke masa.

Dianggap sebagai hukuman

Jaman purba, menstruasi sering disamakan sebagai hal yang misterius  dan magis. Jaman romawi kuno cewek yang sedang menstruasi sering dianggap bisa mencegah badai dan petir. Mitologi suku Maya menganggap menstruasi adalah hukuman dari dewa bulan. Darah cewek yang menstruasi dipercaya harus disimpain di 13 stoples dimana nantinya secara ajaib bisa berubah jadi ular, serangga ataupun racun.

 

Abad pertengahan

Cewek di Eropa pada abad pertengahan,ketika menstruasi menggunakan kain atau bahan lain yang sifatnya mudah menyerap. Banyak juga cewek Eropa abad pertengahan membiarkan bajunya kena darah.  Dan pada masa itu belum banyak pengetahuan soal menstruasi, cewek ketika menstruasi harus menggunakan kalung rempah di leher dan pinggang untuk menghindari bau darah yang dianggap menggangu masyarakat.

 

1879

Barulah abad 18 dimana orang mulai berpikir soal kesehatan dan kebersihan, dokter memikirkan cara untuk cewek yang menstruasi agar enggak membiarkan begitu saja  noda darah dibaju mereka. Akhirnya terciptalah hoosier sanitary belt.  Setiap cewek yang menstruasi menggunakan alat ini. Pada masa itu kain pembalut masih harus dicuci dan enggak ada model yang langsung dibuang

 

Pembalut Dari Masa Ke Masa
Hoosie Sanitary Belt

 

1888

Muncullah pembalut pertama yang bisa dibuang dan dikenal dengan nama Lister’s Towels yang dikembangkan oleh Johnson & Johnson. Pada masa itu juga para suster di rumah sakit menggunakan perban sebagai pembalut, karena materi perban sangat mudah menyerap  dan harganya murah. Bahan yang digunakan para suster ini kemudian jadi model dari pembalut masa kini. 

            Jaman dulu kalau mau beli pembalut cewek enggak membayar langsung pada penjual. Mereka memasukan uang pada kotak yang diletakan di rak yang menjual pembalut.

 

1980-an

            Pembalut lengkap dengan perekat baru muncul tahun 80an. Dan sejak tahun ini juga inovasi pembalut makin beragam. Mulai ada pembalut dengan wings atau sayap. Pembalut yang menyerap lebih cepat karena bahannya dari gel dan berbagai ukuran pembalut seperti yang kita ketahui sampai sekarang.

Penulis :

  • Muti Siahaan

  • Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×