TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Apa Itu 'Yuccies' Yang Disebut Sebagai Generasi Baru 'Hipster'?

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 8 Januari 2016

Apa Itu 'Yuccies' Yang Disebut Sebagai Generasi Baru 'Hipster'?

Kini, ada karakter baru yang muncul dalam masyarakat urban yang disebut yuccies. Istilah ini didefinisikan oleh David Infante (26), seorang penulis yang mengambil studi liberal arts di San Jose State University. Seperti yang dilansir Mashable.com, Infante menjelaskan bahwa yuccies adalah akronim dari "young, urban, creatives".

 

Baca juga: 8 Perbedaan Cowok Hipster Dengan Cowok Geek

 

Siapa yang disebut yuccies?

Yuccies adalah masyarakat urban yang tinggal di perkotaan, terpelajar, berusia sekitar 20-30an, dan memiliki keyakinan bahwa mereka hidup bukan semata untuk mengejar mimpi tapi juga memperoleh keuntungan. Yuccies mengandalkan kreativitas untuk membangun karier mereka. Contoh dari yuccies ini adalah Mark Zuckerberg dan Zoella Sugg.

 

(foto: plus.google.com)

Mark Zuckerberg.

 

Mark Zuckerberg, seperti yang kita ketahui adalah pendiri Facebook yang sukses meraup keuntungan US$275 milyar atau setara dengan Rp3.679,5 triliun pada 2015. Sedangkan Zoella Sugg adalah seorang fashion and beauty blogger, Youtuber  dan juga penulis. Zoella Sugg atau yang akrab disapa Zoe ini telah berhasil menyedot perhatian publik lewat video-video yang ia unggah di Youtube dan mendapat 540 juta pengunjung di blog-nya pada September 2015.

 

(foto: tumblr.com)

Zoella Sugg.

 

Keduanya sama-sama berhasil membangun "personal branding" dan meraup keuntungan dari ide dan kreativitasnya melalui ranah media sosial.

 

Baca juga: Inspirasi Gaya Hipster dengan Hijab

 

Hipster vs yuccies

Lantas, apa bedanya yuccies dengan hipster? Yuccies sebenarnya adalah generasi baru dari hipster. Perbedaan yang sangat menonjol adalah yuccies lebih berpikir komersil dari ide-ide atau kreativitas yang mereka hasilkan. Sedangkan hipster adalah seorang pelaku subkultur yang sangat menghargai pemikiran maupun aktivitas yang independen, progresif, menyukai seni dan juga kreatif.

 

(foto: dribbble.com)

 

Para hipster cenderung memiliki selera yang vintage, mendengarkan musik melalui piringan hitam, dan berpenampilan eksentrik. Dalam soal penampilan, hipster juga lebih menonjol, untuk cowok biasanya mereka berambut panjang, berjanggut dan memiliki tato. Sedangkan untuk cewek, mereka biasanya berambut pendek dan mewarnai rambut mereka dengan warna-warna yang terang.

 

Persamaan yuccies dan hipster
Namun, baik hipster maupun yuccies, keduanya memiliki kesamaan yaitu mendapatkan status atau pengakuan dari hal-hal yang menyangkut ide dan kreativitas yang mereka percaya dan mereka bangun.

 

Baca juga: Make Over Rambut Jadi Model Pendek Hipster

 

(sumber: okke/intisari-online.com, foto: patrickgeorge.com)

 

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×