TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Alasan Ilmiah Muka Kita Merona Merah Saat Malu Atau Gugup & Cara Mengatasinya

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Sabtu, 23 April 2016

sumber: soompi.com

Tubuh akan memberikan reaksi berbeda-beda saat kita mengalami perasaan emosional tertentu. Misalnya saja, ketika sedang merasa gugup atau malu, wajah kita akan bersemu merah atau bahkan merah padam. Ini dia alasan ilmiah muka kita merona merah saat merasa malu atau gugup & cara mengatasinya.

 

Baca juga: 5 Keuntungan Jadi Cewek Pemalu

 

Alasannya

Wajah kemerahan akibat stresor emosional, misalnya cemas, enggakut, atau malu, merupakan akibat dari respon "melawan atau lawan" saat hormon adrenalin melonjak.


"Pelepasan hormon adrenalin akan memicu sirkulasi sehingga meningkatkan aliran darah ke wajah," kata Michael Gnatt, dokter internis.

Karena wajah kita dipenuhi oleh pembuluh darah kecil yang letaknya dekat dengan permukaan kulit wajah, maka peningkatan sirkulasi tadi lebih mudah terlihat.

Selain itu, wajah yang memerah adalah ungkapan minta maaf non-verbal atas perilaku kita.

 

Baca juga: 5 Karakter Cowok Yang Cocok Untuk Cewek Pendiam & Pemalu

 

Cara meredakan

Agar wajah kita enggak terlalu lama seperti "kepiting rebus", ada cara mudah meredakannya. Kompres kulit dengan es atau segelas air es untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga merahnya pun berkurang.

Bila kompres es enggak memungkinkan, berusahalah tenang dan yakinkan diri bahwa "merah" di wajah Anda enggak semerah yang dibayangkan.

Kabar baiknya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mukanya bersemu merah lebih dipercaya banyak orang. Orang yang wajahnya gampang memerah dianggap baik hati dan tulus.

 

Sumber: Readers Digest via kompas.com

 

Baca juga: 7 Cara Flirting Sama Cowok Buat Cewek Pemalu

 

 

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×