TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

9 Cara Lebih Mudah Bangun Di Pagi Hari

  • Marti
  • Posted on : Senin, 4 April 2016

www.onlymyhealth.com

Paling enggak enak kalau bangun kesiangan, jadwal harian kita bisa berantakan dan jadi bad mood seharian. Buat kita yang sering banget kesiangan, ada banyak cara lebih mudah bangun tidur di pagi hari. Kita coba, yuk, supaya enggak kesiangan lagi!

  1. Hindari Begadang

Banyaknya aktivitas yang kita lakukan di luar rumah membuat energi kita lebih cepat terkuras. Malam harinya pun kita akan merasa lelah dan ingin segera tidur. Hindari begadang kalau tidak perku karena akan mengurangi waktu tidur berkualitas kita.

  1. Jangan Makan Berlebihan di Malam Hari

Hindari mengonsumsi makan yang terlalu banyak menjelang waktu tidur karena akan berdampak buruk untuk kesehatan, terutama kalau sehabis makan langsung tidur. Lebih baik kita makan kurang lebih tiga jam sebelum tidur.

  1. Bikin Suasana Tidur yang Nyaman

Kamar yang bersih, wangi, dan rapi akan berpengaruh pada tidur kita di malam hari. Kalau kamar kita terlihat berantakan, kita bisa merapikannya terlebih dahulu sehingga tidur kita nyenyak dan bangun dengan semangat.

  1. Perhatikan Cahaya Ruangan

Kalau selama ini tempat tidur kita berada jauh dari jendela, coba, deh, untuk menata ulang posisi tempat tidur kita di dekat jendela. Cahaya matahari pagi hari akan ‘memaksa’ kita untuk lebih mudah bangun tidur di pagi hari.

  1. Tetapkan Pola Tidur Teratur

Buatlah jadwal yang tetap untuk waktu tidur dan bangun setiap harinya, tentunya dengan mempertimbangkan pola tidur yang tepat. Lakukan secara konsisten setiap hari sehingga akan terbiasa tidur dan bangun pada jam yang sama.

  1. Perhatikan Bunyi dan Posisi  Alarm

Saat memasang alarm sebelum tidur, kita bisa menggunakan nada-nada alarm tertentu yang bisa bikin kita semangat untuk bangun pagi. Selain itu, letakkan alarm kita jauh dari tempat tidur sehingga ketika alarm berbunyi, kita butuh lebih banyak gerakan untuk meraihnya yang bisa ‘memaksa’ kita bangkit dari tempat tidur.

  1. Langsung Bangun

Ketika kita berhasil bangun tepat waktu, jangan menunda waktu dengan kembali bermalas-malasan di tempat tidur. Hal itu malah bisa bikin kita mengantuk lagi dan akhirnya tergoda tidur lagi, sebaiknya setelah bangun kita langsung beraktivitas.

  1. Minum Air Putih

Minum air putih baik untuk kesehatan, kita bisa menerapkannya sebelum dan sesudah bangun tidur. Kita akan kekurangan cairan tubuh selama tidur, sehingga minum air putih sebelum ataupun sesudah tidur mampu menjaga kesegaran tubuh.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga yang teratur akan berpengaruh pada kualitas tidur kita, jadi kita mulai biasakan untuk olahraga ringan dulu setiap minggu, seperti perbanyak jalan kaki atau aerobik selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu.

 

(dea)

foto: dok. www.onlymyhealth.com

Penulis :

  • Marti

  • Pernah menjadi managing editor di majalah kaWanku dan sekarang sedang menyelami dunia masak memasak sebagai managing editor sajiansedap.com << check it out!

KOMENTAR KAMU :

Baca Juga

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×