TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

9 Alasan yang Bikin Teman Enggak Percaya Sama Kita

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Jumat, 24 Juli 2015

9 Alasan yang Bikin Teman Enggak Percaya Sama Kita

Rasa percaya itu hard to build but easy to broke ya, girls? Kepercayaan juga jadi hal yang penting banget di setiap hubungan, termasuk hubungan pertemanan. Akhir-akhir ini teman sering enggak cerita rahasianya ke kita tapi cerita ke orang lain? Ups, jangan-jangan kita punya sifat yang termasuk ke dalam 9 alasan yang bikin teman enggak percaya sama kita ini?

 

(Baca juga: 7 Alasan Kita Butuh Teman Baru Walau Udah Punya Sahabat)

 

Berbohong

Berbohong itu emang hal yang paling gampang merusak rasa percaya. Walaupun kebohongan itu kebohongan kecil atau white lie, kalau terus menerus dilakukan, teman lama-lama akan males dengerin kita.

 

Cerita beda versi

Ketika kita menyampaikan sebuah cerita dengan detail yang beda ke tiap orang yang berbeda. Teman-teman akan berpikir, mana sih cerita yang benar?

 

Ngaku-ngakuin lelucon punya teman

Bukan cuma jokes alias lelucon, kalau kita mengakui karya atau cerita yang pernah dialami teman seakan kita alami sendiri, teman bakalan sebel. Boleh kok, menceritakan lelucon teman ke orang lain, tapi setelahnya bilang aja kalau si teman kita itu yang menciptakannya. Tetep lucu, kok.

 

(Baca juga: Kenali Empat Tipe Kepribadian Teman)

 

Ngomongin di belakang

Kita sendiri pun enggak suka dong, diomongin di belakang? Kalau ada masalah atau sesuatu yang bikin enggak sreg soal seorang teman, langsung aja bilang ke orangnya. Atau jangan omongin ke siapa pun sama sekali.

 

Terlalu nge-judge

Apa-apa kita komentarin dengan keras. Tiap ada yang enggak kita suka, langsung kita nilai jelek. Teman akan sulit percaya untuk curhat sama kita karena bisa jadi takut di-judge juga, lho.

 

Selalu ngaret

Gimana teman mau percaya kalau setiap janjian kita datangnya ngaret? Kalau suatu hari dia lagi butuh banget pertolongan, pasti bukan kita deh yang akan dia hubungi. Soalnya, dia takut kita datangnya telat.

 

(Baca juga: Jadi Teman Terbaik Sedunia)

 

Suka ngebatalin janji

Sering membatalkan janji? Malah baru ngasih kabar di hari yang sama dengan janjian? Kalau memang ada alasan sangat mendadak bisa dimaafkan. Tapi, kalau ini terjadi lebih dari dua kali, jangan harap teman bisa percaya sama kita. Teman akan merasa enggak dihargai dan enggak jadi prioritas kita.

 

Enggak minta maaf

Hal yang bisa kita lakukan setelah melakukan kesalahan adalah minta maaf. Demi ngejaga kepercayaan teman. Kalau udah salah lalu enggak mau meminta maaf, siap-siap deh kehilangan kepercayaan dari teman.

 

Orang yang 'bocor'

Teman udah percaya sama kita dengan rahasianya. Kalau rahasia ini sampai tersebar, jangan harap dia akan cerita lagi. Malah, bisa jadi dia enggak mau temenan sama kita lagi karena kita enggak bisa dipercaya. Waduh!

 

(Baca juga: 6 Tipe Teman yang Harus Kita Punya)

 

(hani, foto: tumblr.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×