TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

8 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Musik, Film, dan Animasi

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Selasa, 12 Januari 2016

8 Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Suka Musik, Film, dan Animasi

Masih bingung mau kuliah di mana? Buat kita yang belum tahu ingin jadi apa di masa depan, memilih jurusan kuliah memang menantang. Kita bisa, lho, menanyakan ke diri sendiri, 'apa sih bidang yang selama ini kita sukai?' Siapa tahu hobi kita bisa jadi profesi seru di kemudian hari. Dan ternyata, seru untuk dipelajari. Misalnya 8 jurusan kuliah buat kamu yang suka musik, film, dan animasi ini. Enggak perlu jauh-jauh, girls, semua jurusan kuliah ini ada di Indonesia!

 

(Baca juga: Pilih Jurusan Kulian Anti Standar)

 

Seni musik

Buat kita yang emang suka banget sama seni musik, jurusan kuliah satu ini memang boleh kita pertimbangkan. Tapi, jurusan ini membutuhkan kemampuan awal seperti bernyanyi dan bermain musik. Enggak cuma belajar main musik dan latihan vokal lebih baik, kita juga bakal diajarkan tentang teori, komposisi, manajemen dan sebagainya. Universitas favorit untuk jurusan ini adalah, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

 

Bisnis musik

Di balik konser keren, ada kerja keras para promotor. Enggak cuma suka musik aja, ada ilmu yang harus kita tahu untuk bergerak di bidang ini. Belum banyak yang tahu soal pendidikan bisnis musik ini. Padahal bidang seni pertunjukkan musik semakin berkembang di Indonesia. Di Indonesia ada banyak banget band, tapi sayang belum banyak yang tahu bagaimana cara mempromosikannya. Apa lagi kalau berhubungan dengan urusan legal dan kontrak. Kalau dari sekarang kita udah seneng banget nge-band, atau udah terjun ke industri musik, suka bikin pentas seni (pensi) sekolah, bercita-cita jadi promotor, manager band, pemilik label rekaman, kuliah di jurusan bisnis musik ini bakalan cocok banget. Di Indonesia sendiri baru ada satu tempat kuliah untuk jurusan ini, yaitu di SAE Institute Jakarta.

 

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Cocok Buat Pecinta Musik)

 

Audio engineering


Jadi musisi enggak cuma dengan jadi penyanyi, band, atau orang di depan layar. Dalam proses rekaman musik, peran seorang audio engineer besar banget. Mereka adalah orang-orang yang mengolah suara yang dihasilkan musisi supaya terdengar semakin pas. Seseorang dengan skill audio engineering bisa jadi, recording executive, studio manager, sampai music producer. Kita bisa mempelajari audio engineering ini di SAE Institute Jakarta. Seperti semua program yang ada di SAE Institute Jakarta, jurusan audio engineering ini juga Bachelor Degree-nya mendapat akreditasi dari Middlesex University, London, UK.

 

Teater

Bercita-cita memenangkan piala Oscar sebagai aktris terbaik? Kalau iya, berarti kita harus membekali diri dengan kemampuan akting yang kuat. Mayoritas aktor luar punya latar belakang pendidikan seni, seni peran, dan teater. Carey Mulligan, Tina Fey, atau Audrey Hepburn adalah tiga aktris dengan latar belakang pendidikan teater. Di Indonesia, kita bisa belajar seni teater di ISI Yogyakarta, ISBI Bandung, Sekolah Tinggi Kesenian  Wilwatikta (STKW) Surabaya dan IKJ.

 

(Baca juga: 6 Jenis Hobi Yang Bisa Jadi Pekerjaan Sukses)

 

Seni pertunjukkan

Di beberapa universitas, seperti ISI dan IKJ, seni pertunjukkan menjadi fakultas dengan berbagai macam jurusan karena luasnya seni pertunjukkan. Tapi di London School of Public Relation, seni pertunjukkan alias performing arts menjadi jurusan. Di sini kita diajak mempelajari mulai dari directing, creative writing, acting, singing, sampai costume design.

 

Film


Selain para aktor dan aktris, ada banyak pihak yang terlibat untuk menghasilkan sebuah film yang oke. Nah, kalau kita suka banget sama film, pengen terlibat dalam pembuatannya, tapi enggak pengen berakting di depan kamera, kuliah di jurusan film cocok, nih. Belum lagi film Indonesia semakin berkembang setiap harinya. Pasti akan membutuhkan Joko Anwar, Rudi Sujarwo, Mira Lesmana, Upi Avianto, dan sutradara lainnya. Yang bisa jadi, adalah kita di masa depan! Masuk aja ke jurusan film di beberapa universitas di Indonesia ini; Institute Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang dan SAE Institute Jakarta.

 

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia)

 

DKV

Desain Komunikasi Visual (DKV) yang tepat untuk para calon desainer grafis dan animator. Di jurusan DKV ini, kita akan diajari konsep seni, visual, ilustrasi, animasi yang semuanya menggunakan komputer sebagai alat bantunya. Kalau kita bercita-cita menjadi graphic designer, web designer, art director, creative director, atau illustrator, cocok memilih jurusan DKV. Ada banyak universitas dengan jurusan ini. Seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang,

 

Animasi

Jurusan animasi kerjanya jadi apa? Beberapa profesi di bidang ini misalnya, seniman papan cerita (storyboard artist), perancang tokoh/karakter (character designer), seniman animasi game (game animation artist), sutradara animasi (animation director), 2D/3D Animator, 3D Modeller, Animation Project Manager dan lain-lain. Kalau tertarik sama bidang animasi, ada beberapa universitas menawarkan program ini. Seperti di ISI Yogyakarta, Bina Nusantara (Binus) Jakarta dan SAE Institute Jakarta. Menariknya, jurusan animasi SAE Institute Jakarta dilengkapi pembelajaran visual effects. Tahu, dong, kalau belakangan ini dan di masa depan, pengunaan visual effect di film itu penting banget? Lihat aja film sekeren Avatar, Interstellar, atau The Avengers yang special effect-nya super! Siapa tahu, kita bisa seperti animator terkenal dari Indonesia Rini Sugianto yang terlibat dalam pengerjaan The Adventures of Tintin dan post production animation untuk film The Avengers. Boleh banget, nih, kuliah di jurusan 3D Animation & Visual Effects di SAE Institute Jakarta.

 

(Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan Yang Bakal Dicari 5 Tahun ke Depan)

 

So, dari 8 jurusan kuliah buat kamu yang suka musik, film, dan animasi ini, mana yang paling menarik, girls?

 

(Baca juga: Quiz Box: Jurusan Kuliah Yang Cocok Sama Kita)

 

(adv, foto: jakarta.sae.edu)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×