TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

8 Cara Mengetahui Seseorang Berbohong Pada Kita

  • Natasha Erika
  • Posted on : Senin, 21 Desember 2015

8 Cara Mengetahui Seseorang Berbohong Pada Kita

Dalam sehari, tanpa disadari kita akan menemukan kebohongan yang dilakukan orang kepada kita. Entah itu dari orang di sekitar kita ataupun bukan, dan entah itu kebohongan kecil ataupun besar. Nah, berikut ini ada 8 tips untuk mengetahui seseorang berbohong pada kita:

 

Baca juga: Cara Cowok Tahu Kalau Cewek Lagi Bohong

 

1. Carilah ketidakkonsistenan

Pembohong cenderung lupa dengan apa yang telah dikatakan sebelumnya, terlebih kebohongan yang dilakukan adalah spontan. Dengan ini, kita akan mudah menemukan ketidakkonsistenan pembicaraannya yang kemudian menunjukkan bahwa ia sedang berbohong.

 

2. Ajukan pertanyaan yang kita tahu bahwa mereka enggak suka

Pembohong cenderung berpikir tentang kemungkinan tanggapan atau jawaban kita yang akan mengarah pada percakapan kebohongan mereka. Oleh karenanya, kita harus bisa memberi tanggapan atau pertanyaan dadakan yang enggak mereka sukai.

 

3. Perhatikan sikapnya yang enggak biasa

Seseorang yang sedang berbohong, akan bersikap atau berperilaku enggak seperti biasanya, bahkan mereka bisa tiba-tiba berkeringat, tampak gelisah, terlihat lebih aktif atau bahkan tenang. Perubahan perilaku pada seseorang dapat diidentifikasi bahwa mereka sedang berbohong.

 

4. Ikuti naluri

Terkadang, naluri kita dapat memberitahu apakah seseorang jujur atau enggak. Rasanya, ada feeling yang enggak enak yang seolah mengatakan kalau ada yang enggak beres.

 

Baca juga: Cewek Terbiasa Bohong Demi Pencitraan?

 

5. Ekspresi palsu

Kita harus mampu membedakan ekspresi seseorang yang sedang berbohong atau tidak. Misalnya saja orang tersebut sedang tersenyum, namun nyatanya dia enggak benar-benar sedang bersenang hati kepada kita.

 

6. Kontak mata

Tatap mata orang yang sedang berbicara dengan kita, sehingga kita dapat melihat ia sedang berbohong atau enggak. Jika seseorang terus mengalihkan pandangannya dari kita atau terus melihat ke bawah, maka itu berarti ia sedang menyembunyikan sesuatu dari kita.

 

7. Carilah kontradiksi

Dalam cerita yang disampaikan seseorang, jika terdapat kontradiksi antara pola perilaku atau tempat dan situasi dengan ceritanya, maka dapat menjadi hal tersebut adalah kebohongan.

 

8. Terlalu banyak yang diceritakan dengan detail

Ketika kita menanyakan sesuatu yang sederhana, namun orang menjawab dengan terlalu detail atau rinci, maka ini harus dicurigai adalah kebohongan. Seseorang yang berbohong memang cenderung akan menceritakan atau menjawab pertanyaan dengan sangat detail tanpa diminta.

 

 

Baca juga: 5 Bentuk Kebohongan Cewek Yang Sering Dialami Cowok

 

Nah,  itulah 8 cara mengetahui seseorang berbohong pada kita. Hmm... Bisa kita coba buktikan ketika merasa ada seseorang berbohong sama kita, nih.

 

(sumber: monalisa/intisari-online.com, foto: tumblr.com)

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×