TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

7 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Matematika

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Senin, 4 April 2016

sumber: 15minutesnews.com

UN sudah tiba girls, dan matematika tentunya biasanya jadi salah satu mata pelajaran yang paling bikin stres karena sering bikin kita kesulitan saat mengerjakan soal-soalnya. Tapi tenang, ada 10 tips mengejakan soal Ujian Nasional matematika yang semoga aja bisa membantu kita menghadapi UN ini dengan lebih baik, ya. Semangat!

 

Baca juga: 5 Kesalahan Menghadapi Ujian Nasional Matematika

 

Soal itu tetap sejenis jadi wajib latihan soal

Sebelum sampai pada tahap mengerjakan soal, hal yang wajib dilakukan untuk bisa mengerjakan soal matematika saat UN adalah banyak mengerjakan latihan soal. Percaya deh, soal yang diberikan dari tahun ke tahun itu sebenarnya tipe atau jenis dan rumus yang digunakannya sama saja, hanya kasus atau angkanya yang dibedakan. Jadi banyak-banyaklah berlatih mengerjakan soal matematikan dari soal-soal beberapa tahun sebelumnya atau buku kumpulan kisi-kisi soal matematika untuk UN.

 

Jangan panik

Untuk bisa mengerjakan soal matematika, kita harus benar-benar memahami maksud soal sehingga tahu rumus mana yang harus dipakai dan tentu saja harus tahu rumusnya Nah, untuk bisa paham dan ingat rumusnya, kita enggak boleh panik, soalnya begitu panik, semua rumus yang sudah ada di kepala bisa hilang begitu saja. Jadi tenangkan diri sebelum mengerjakan soal dan jangan lupa berdoa. Kalau tiba-tiba ketemu soal sulit yang bikin panik lagi, pejamkan mata sebentar dan tarik nafas dalam-dalam. Kalau perlu lewat dulu saja soalnya.

 

Enggak usah baca semua soal dulu

Biasanya saat kita tahu akan mengalami kesulitan mengerjakan soal matematika, kita jadi penasaran seperti apa sih soal-soalnya, alhasil malah jadi sibuk lihat-lihat soal dari awal sampai akhri begitu ujian di mulai. Sebenarnya lebih baik kita enggak melakukan itu girls, soalnya itu hanya membuang waktu kita dan justru bikin kita tambah panik saat menemukan soalnya begitu banyak, apalagi kalau secara sekilas kita melihatnya banyak soal yang kayaknya enggak bisa kita kerjakan, yang ada malah tambah stres dan bisa jadi nge-blank.

 

Hindari memerhatikan teman sekitar

Saat kita kesulitan mengerjakan soal, pasti kita akan panic dan cenderung jadi celingak-celinguk memerhatikan teman-teman sekitar, berharap ada yang melihat atau bisa bantu kita. Tapiii, jangan melakukan itu girls, soalnya hal itu justru akan bikin kita tambah panik. Yap, saat kita melihat teman-teman di sekitar yang serius mengerjakan, kita justru akan tambah panik dan stres, belum lagi beresiko tinggi disangkan nyontek oleh pengawas. Jadi fokus saja pada lembar jawaban kita.

 

Baca juga: 8 Trik Kuasai Pelajaran Yang Kita Benci

 

1 2

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×