TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

6 Tradisi Orientasi Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri

  • Natasha Erika
  • Posted on : Selasa, 19 Mei 2015

6 Tradisi Orientasi Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri

Orientasi siswa baru atau biasa dikenal dengan masa orientasi sekolah rutin dilakukan setiap tahun ajaran baru. Enggak cuma di Indonesia, di luar negeri juga punya tradisi orientasi sekolah ini. Ada bedanya enggak, ya, tradisi orientasi di dalam dan luar negeri? Coba kita lihat dari 6 tradisi orientasi sekolah di Indonesia dan luar negeri.

 

Baca juga: 8 Tradisi Kelulusan Pelajar Indonesia dengan Amerika Serikat

 

Kalau di Indonesia, ini dia 3 tradisi yang biasa kita temukan:

 

Senioritas

Salah satu tradisi masa orientasi sekolah (MOS) adalah senior yang menunjukkan kekuatannya di sekolah. Biasanya, para senior berakting atau mungkin beneran galak sama junior atas siswa baru. Kalau salah sedikit, siswa baru bisa jadi sasaran empuk senior. Bahkan enggak jarang aksi senioritas saat MOS ini berunjuk kekerasan, lho!

 

(entertainment.kompas.com)

 

Baca juga: Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kakak Kelas Mem-bully di Orientasi Sekolah

 

Aksesori kepala dan leher

Ada dua hal yang selalu ada setiap orientasi sekolah diadakan yaitu aksesori kepala dan aksesori leher. Selalu ada topi dan kalung. Tapi, bukan topi dan kalung biasa. He-he-he.

 

(foto: min-habirautengah.sch.id)

 

 

Kerja kelompok

Salah satu tradisi yang juga sering ada di orientasi sekolah adalah kerja bersama dalam tim. Para siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kegiatan seperti permainan dan teka-teki biasanya jadi misi tiap kelompok. Dan... Ada penghargaan untuk kelompok terbaik.

 

(foto: tribunnews.com)

 

Baca juga: Tips Sukses Mengikuti Masa Orientasi Sekolah Atau Kuliah

 

Lalu, bagaimana 3 tradisi orientasi sekolah di luar negeri?

 

Tur sekolah

Karena para siswa baru akan berada di lingkungan sekolah dalam waktu yang lama, maka tur sekolah jadi kegiatan penting saat masa orientasi sekolah. Para siswa akan diajak berkeliling sekolah agar lebih mengenal dan juga enggak nyasar kalau mau ke kantin atau ke lapangan bola. He-he-he.

 

(foto: argusleader.com)

 


Kerja kelompok

Para siswa baru dibagi ke dalam beberapa kelompok yang biasanya akan mengerjakan misi tertentu yang berhubungan dengan lingkungan sekolah. Ada juga beberapa kegiatan kerja sama seperti menampilkan aksi panggung, bermain game dan sebagainya.

 

(foto: viewpoints.iu.edu)

 

 

Perkenalan dunia sekolah

Biasanya para siswa baru dikumpulkan dalam satu tempat. Beberapa kegiatan yang dilakukan di sana antara lain penyuluhan tentang pendidikan yang akan mereka tempuh dalam beberapa waktu ke depan. Selain itu, panitia juga memperkenalkan lingkungan sekolah yang diselingi dengan games atau yel-yel.

 

(foto: record.umich.edu)

 

Tapi... Ada juga beberapa tradisi ospek menyeramkan juga di luar negeri terutama di tingkat perguruan tinggi, lho! Coba cari tahu lebih lanjut di sini.

 

(foto: ns3.kompas.web.id)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×