TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

6 Tanda Enggak Normal Yang Terjadi Pada Vagina (Bagian 1)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Kamis, 27 Agustus 2015

6 Tanda Enggak Normal Yang Terjadi Pada Vagina (Bagian 1)

Kebanyakan cewek yang sibuk dengan aktivitasnya, enggak menyadari adanya perubahan enggak normal pada vagina. Selama terlihat dan terasa normal, dalam artian muncul sesuatu yang lengket namun berwarna putih atau bening, kita memang enggak perlu khawatir.

 

Tapi, ketika ada sesuatu di pakaian dalam Anda yang terasa berbeda, ini harusnya menjadi alarm bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda.  Bisa saja cairan dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya, warna yang aneh, atau tercium bau enggak sedap yang sangat mengganggu. Sebelum panik dan membeli semua krim atau obat apa pun di apotek terdekat,  ketahui dulu lebih lanjut apa yang sebenarnya mungkin terjadi.

 

Baca juga: 5 Mitos Tentang Vagina yang Harus Cewek Tahu Kebenarannya

 

Putih, basah, dan elastis

Kemungkinan: ovulasi.

Cairan yang muncul selama pertengahan siklus menstruasi adalah cara tubuh mempermudah sperma untuk masuk ke dalam vagina dan membuahi sel telur. "Cairan yang keluar pada saat ovulasi bisa berlebihan," kata Alyssa Dweck, M.D., ahli kandungan di Westchester, New York dan penulis V is for Vagina. "Saya sering mendengar dari pasien yang khawatir ada sesuatu yang salah, tapi sebenarnya kondisi ini normal. Enggak heran banyak cewek yang senang melakukan hubungan seksual ketika masa ovulasi," jelas Dweck.

 

Putih, menggumpal, dan berbau

Kemungkinan: Infeksi jamur.

Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan jamur berlebih, yang normalnya berperan untuk menyeimbangkan bakteri di vagina. "Biasanya ini akan tampak seperti keju," ujar Dweck. Meski enggak selalu berbau, tapi umumnya akan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu di bagian luar maupun di bagian dalam labia.

 

Infeksi jamur adalah hal yang sangat umum terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti konsumsi antibiotik atau duduk dengan pakaian olahraga yang sangat lembab. Anda bisa meminta dokter untuk meresepkan obat anti jamur yang akan membantu penyembuhan sebelum terasa semakin buruk.

 

(foto: teen.com)


Kuning kehijauan dan terasa sedikit pedih

Kemungkinan: Chlamydia atau gonorrhea.

Dua bakteri utama penyebab penyakit kelamin. Tanda lain dari infeksi ini adalah nyeri panggul, terasa terbakar saat buang air kecil, tapi sayangnya kebanyakan cewek enggak merasakan gejala tersebut sejak awal. Ketika dokter sudah mendiagnosis chlamydia atau gonorrhea, mereka akan mudah disembuhkan dengan antibiotik. Penyakit ini bisa muncul karena berhubungan seks. Dan, penyakit ini bisa terjadi pada remaja juga jika berhubungan seks di luar nikah.

 

Baca juga: 8 Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Hubungan Seks Sebelum Nikah

 

Baca lebih lanjut: 6 Tanda Enggak Normal Yang Terjadi Pada Vagina (Bagian 2)

 

(bestari kumala dewi/health.kompas.com, foto: nytimes.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×