TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 2)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 28 Agustus 2015

6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 2)

Puting enggak hanya merupakan bagian dari keindahan payudara dan untuk menyusui, juga dapat menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius, girls.

 

Jika kita mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama jika itu terjadi  hanya di satu puting, hubungi dokter segera. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

 

Baca juga: 8 Jenis Payudara dan Model Bra Yang Cocok

 

Berikut adalah 6 hal yang perlu remaja tahu soal puting payudara:

 

4. Puting berbulu itu normal, bahkan pada cewek

Benjolan kecil di sekitar puting yang berisi folikel rambut adalah sesuatu yang enggak perlu dikhawatirkan. Kita bisa menghilangkannya dengan wax atau dicukur dengan hati-hati. Tapi jika folikel rambut tersebut terasa sakit, bertumbuh semakin besar, atau gatal dan bersisik, cepat temui dokter. Bisa jadi ini pertanda infeksi atau kanker.

 

5. Puting terbalik enggak perlu dikhawatirkan

Sekitar 15% cewek memiliki puting yang masuk ke dalam atau terbalik sejak lahir, kata Z. Paul Lorenc, MD, seorang ahli bedah plastik di New York. "Ini masalah sederhana, ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Cuma perlu operasi kecil untuk memperbaikinya. Kami membuat sayatan kecil untuk melepaskan jaringan ikat dan puting pun akan muncul keluar. Cukup anastesi lokal dan memakan waktu sekitar satu jam," tambah Lorenc.

 

(foto: bustle.com)

 

6. Puting adalah daerah sensitif cewek dan juga cowok

Menurut penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi bagian otak yang sama dengan ketika vagina, klitoris atau penis dirangsang. Catatan untuk kita yang melakukan tindik puting: kita bisa kehilangan sensasi yang menyenangkan yang berasal dari rangsangan pada puting karena kerusakan syaraf.

 

Baca juga: 10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS


Baca lebih lanjut: 6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 1)

 

(sumber: lily turangan/health.kompas.com, foto: sugarscape.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×