TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 1)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 28 Agustus 2015

6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 1)

Puting enggak hanya merupakan bagian dari keindahan payudara dan untuk menyusui, juga dapat menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius, girls.

 

Jika kita mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama jika itu terjadi  hanya di satu puting, hubungi dokter segera. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Puting Payudara

 

Berikut adalah 6 hal yang perlu remaja tahu soal puting payudara:

 

1. Keluar cairan dari puting seringkali normal, bahkan jika enggak hamil atau menyusui

Keluarnya cairan dari puting dapat terjadi pada sebagian besar cewek jika puting ditekan, jelas Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center di New Jersey. Tapi jika kita tidak menekan atau meremasnya dan terutama jika cairan bercampur darah dan hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter, Gendler menyarankan. Cairan bisa saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara.

 

2. Pemilik puting tambahan lebih banyak dari yang kita kira

Beberapa tokoh terkenal yang memiliki puting cadangan ini antara lain Lily Allen dan Mark Wahlberg. Puting ketiga sering keliru disangka tahi lalat atau tumor. Memiliki puting ketiga tidak masalah dan dapat dengan mudah dihapus dalam prosedur rawat jalan, kata ahli bedah plastik Rahmat Ma, MD. "Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 30 menit," katanya, "dan dapat segera pulih."

 

(foto: buzzfeed.com)

 

3. Olahraga bisa menyebabkan radang pada puting

Bra olahraga yang enggak pas atau band aid yang ditempel pada puting saat berolahraga bisa menyebabkan puting tergesek dan akhirnya menjadi radang. Tetapi jika kita enggak berolahraga namun puting  berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, atau mengelupas, periksakanlah diri ke dokter. Ini bisa menjadi tanda penyakit Paget, suatu bentuk langka dari kanker yang melibatkan puting dan areola, jelas Gendler. Dia menambahkan, "Atau bisa juga eksim. Jadi jangan cemas, biarkan dokter menganalisanya."

 

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik Payudara Cewek


Baca lebih lanjut: 6 Hal Yang Remaja Perlu Tahu Soal Puting Payudara (Bagian 2)

 

(sumber: lily turangan/health.kompas.com, foto: picslist.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×