TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Tips Membuat Foto Flatlay Untuk Blog dan Instagram

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 23 November 2015

5 Tips Membuat Foto Flatlay Untuk Blog dan Instagram

Buat apa foto flatlay? Lucu aja buat foto produk kalau lagi review di blog, dan paling penting, ya buat memperindah instagram biar kekinian dalam arti sebenarnya. Karena flatlay ini kan tren baru setelah #OOTD dan OTD OTD lainnya. Ini dia 5 tips membuat foto flatlay untuk blog dan Instagram kamu, girls!

(foto: blog.beccahaf.com)

 

(Baca juga: 15 Trik Membuat Foto Instagram Yang Bisa Nambah Followers)

 

Pilih background

Sekarang banyak, tuh, yang jual alas foto buat bikin bikin foto flatlay. Ada yang motif kayu, bata, semen, floral, macam-macam, deh. Lucu sih.. lucu banget! Tapi buat aku, alas foto seharga Rp90 ribu lebih, ya maaf, mending duitnya buat beli kuota internet.

 

Aku paling suka sama flatlay yang background-nya putih bersih. Entah ya, buat aku jadi keliatan bagus aja. Clean dan elegan. Jadi ya setiap bikin flatlay, background andalanku cuma putih. Tadinya foto di lantai, tapi garis-garis keramik ganggu banget. Pakai kalender bekas yang dibalik, cepet rusak. Meja putih glossy, aku enggak punya. Akhirnya diakalin pake time table, beli di toko buku, Rp15 ribu rupiah aja. Bisa dilap, dicuci, dan enggak gampang rusak. Sisa 75ribunya buat beli kuota internet.

 

 

Proses fotonya

 

Hasilnya

 

(Baca juga: 5 Penelitian Membuat Foto Instagram Yang Bisa Nambah Followers)

 

Kalau buat makanan atau resep, yang lagi hits sekarang pakai background kayu terus makananya berantakan gitu. Berantakan sandiwara, soalnya keliatannya doang berantakan, aslinya mah diatur supaya berantakan. Berantakan settingan gitu. 

 

Aku kebetulan punya meja kayu, jadi kalo flatlay berantakan sandiwara makanan, langsung di meja aja enggak pakai bekgron. Ini flatlay resep ayam rempah, yang aku bikin waktu blog sebelah ikut lomba dan KALAH. Muahahahahaha nangis.

 

 

(Baca juga: Tips Jadi Eksis di Instagram)

 

Atur Pencahayaan Saat Foto

Foto flatlay biasanya clean, cling dan mentereng. Jadi saat ambil foto, pastikan cahayanya cukup. Jangan banget ambil foto subuh atau malem. Pertama, serius situ bikin foto subuh-subuh? Enggak enak sama ayam. Kedua, cahayanya enggak bagus buat foto, gelap. Hasilnya jadi burek atau banyak semutnya karena ISO-nya enggak kuat. Ini berlaku buat semua kamera ya, baik DSLR maupun kamera hape. 

 

Saat foto, perhatikan cahaya datang dan posisi kita. Karena ini foto dari atas (bird's eyes of view), jadi rawan banget ketutup bayangan kita sendiri. Pastiin enggak ada bayangan kita (baik badan, tangan maupun jidat doang barangkali?) di dalam gambar. Kalau ada bayangan, ya geser, lah, ya.

 

(Baca juga: 10 Cara Biar Foto Dapat Banyak Likes di Instagram)

 

Proporsionalitas


 

Emang ada PROPORSIONALITAS?

 

Foto flatlay itu sejatinya seni menata barang. Saat foto, kita harus bisa 'merasakan' komposisi barang yang akan di flatlay. Enak gak rasanya di mata. Duh, ini kayak fotografer beneran aja bahasanya. Muahahahaha pungky sotoy pungky sotoy. Ya pokoknya, baik dari bentuk, ukuran, warna, sampai perbandingannya dengan barang lain, harus kelihatan enak dilihat dari atas. Aku sih biasanya pas motret, naik bangku atau meja biar bisa liat dari atas. Trus dikira-kira juga, kalau bentuk fotonya saat upload nanti square atau circle mungkin, kepotong apa enggak, jadi aneh apa enggak.

 

(Baca juga: 6 Pelajaran Tentang Social Media dari Blogger Yang Berhenti Main Instagram)

 

Printilan

Kalau buat beauty product, andalan banget ya pakai bunga atau sesuatu yang bling-bling (kayak mutiara boongan, manik-manik, dsb). Kalau buat fashion, biasanya ditambahin kamera atau pasir pantai. Kalau masakan, biasanya ada lap (baik baru maupun belel bau minyak jelantah), atau taburan bumbu dapur biar kesannya berantakan tapi cantik. Ya berantakan settingan itu tadi.

 

 

Ini flatlay yang aku bikin buat postingan lomba Revlon dan MENANG muahahaha *akhirnya*. Tuh ada printilan bunga supaya fotonya enggak krik. Jadi ada nuansa gimanaaa gitu. Gimana, gimana? Atau bisa juga pakai tren Hand in Frame, jadi ada tangan nongol dikit di dalem foto.

 

Editing

Biar fotonya makin sip, sebelum upload jangan lupa diedit dulu. Andalan aku sih aplikasi Photoshop, tapi kalau foto dari hape, biasanya pakai ya Photoshop juga tapi yang di hape. Enggak diapa-apain banget sih, paling naikin exposure biar makin cling (karena dasarnya emang aku suka foto yang rada over exp), trus naikin kontras dikit, di defog, trus crop jadi square.

 

Sekarang sih Instagram udah enggak harus square ya, tapi aku tetep sukanya di square-in dulu. Soalnya kalo enggak square dan langsung upload, diliat di profil jadi enggak rapi, gak kece. Buat aku ini bisa mengurangi kadar ke-hits-an instagram kita. Hahahahahaha, apa, sih?

 

(Baca juga: 14 Fakta Di Balik Indahnya Pemotretan Foto Instagram)

 

 

(Pungky Prayitno, www.pungkyprayitno.com)

 

 

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×