TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Menu Sahur Kilat Yang Bikin Kenyang Seharian

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 18 Juni 2015

5 Menu Sahur Kilat Yang Bikin Kenyang Seharian

Pernah kesiangan buat bangun sahur? Kalau kita telat bangun buat sahur tapi belum imsak, masih keburu nih sahur kilat. Tapi bukan berarti makan apa aja yang ada di depan mana, coba 5 menu sahur kilat dan kenyang seharian ini.

 

(Baca juga: 5 Kesalahan Umum yang Dilakukan Ketika Sahur Ibadah Puasa)

 

Roti Gandum Pisang dan selai kacang

Pisang sendiri udah mengandung karbohidrat, vitamin c, kalsium, dan masih banyak lagiRoti gandum juga jauh lebih mengenyangkan dan lama diproses tubuh daripada roti biasa. Lalu, selai kacang dikenal sehat karena mengandung banyak serat dan protein. Karena hal itu juga, selai kacang bisa membuat kenyang lebih lama. Nutrisi yang dikandung selai kacang juga banyak.

 

Oatmeal atau sereal

Kalau sekedar menyeduh oatmeal atau sereal polos, pasti kurang banyak gizinya, girls. Praktis sih, tapi di siang hari nanti kamu bakalan lemas. Coba deh akalin dengan nambahin bermacam-macam topping, seperti susu cair, potongan buah, coklat tabur atau meses, abon, dan bahan-bahan lainnya. Biar oatmeal atau sereal kita makin bergizi.

 

(Baca juga: Jus Energi Saat Puasa)

 

Salad dengan alpukat

Kenapa saladnya pakai alpukat? Soalnya, kalau salad doang enggak kenyang, girls. Nah, alpukat inilah yang berperan buat mengenyangkan kita. Alpulkat mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh dan bisa membuat kenyang yang tahan lama. Kalau menurut penelitian, alpukat bisa memengaruhi otak untuk berpikir kalau perut sudah penuh sehingga kita jadi enggak cepat lapar. Hebat ya, si alpukat ini?

 

Yogurt tabur buah

Yogurt ini bisa menahan nafsu makan atau perasaan lapar. Karena yogurt kaya akan protein dan  lemak. Terus, yogurt juga kaya kalsium dan rendah gula. Tambahkan potongan buah-buahan untuk menambah kandungan vitamin dan serat yang tubuh kita butuhkan.

 

Air putih

Air putih punya fungsi untuk mengontrol nafsu makan. Selain itu, penelitian yang dilakukan juga menunjukkan kalau seseorang yang minum dua gelas air sebelum makan akan mengkonsumsi kalori lebih sedikit dibanding yang enggak minum air sama sekali. Kalau memang udah telat banget bangun, minum air putih memang udah paling bermanfaat, deh!

 

(Baca juga: Tips Enggak Cepat Lapar Saat Puasa)

 

(hani, foto: time.com, superprofundo.com, ohmyveggies.com, cooksmarts.com, topgreekyogurt.com, godivachocolates.co.uk)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×