TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Kelebihan dan Kekurangan Menikah di Usia Muda

  • Natasha Erika
  • Posted on : Senin, 30 November 2015

5 Kelebihan dan Kekurangan Menikah di Usia Muda

Girls, belum lama ini kita mungkin mendengar kabar aktris Ganteng-Ganteng Serigala Dahlia Poland, 18 tahun, menikah dengan pacarnya, Fandy Christian, 30 tahun. Dunia maya cukup heboh mendengar kabar ini, sekaligus turut berbahagia untuk pasangan, karena perbedaan usia mereka yang cukup jauh. Terutama, usia Dahlia Poland memutuskan menikah muda.

 

Bukan Dahlia Poland saja cewek yang menikah di usia muda. Banyak juga anak muda di luar sana yang memutuskan menikah saat masih muda. Menikah muda menurut psikolog Terry Orbuch adalah di bawah usia 25 tahun. Menurutnya, usia yang baik bagi para perempuan untuk menikah adalah ketika sudah melewati usia 25 tahun. Menikah muda sudah jadi salah satu isu masyarakat yang cukup menimbulkan perdebatan. Perdebatan itu bisa kita lihat dari kelebihan dan kekurangan menikah di usia muda. Ini dia masing-masing 5 kelebihan dan kekurangan menikah di usia muda.

 

Baca juga: Jutaan Cewek di Dunia Menikah di Bawah Umur

 

Kelebihan menikah di usia muda

1. Mewujudkan mimpi bersama

Menikah muda umumnya menikah di usia yang belum matang secara finansial. Tapi, dengan tekat kuat, pasangan muda bisa sama-sama mewujudkan mimpi untuk menjadi berhasil dan sukses. Di sini, jadi nilai plus di mata pasangan karena cewek bisa mendukung seorang cowok dari awal alias dari nol hingga jadi sukses di kemudian hari.

 

2. Banyak pihak menemani masa muda rumah tangga

Ketika seseorang menikah di usia muda, orangtua bahkan nenek dan kakek masih bisa menyaksikan dan memberi nasihat penting. Selain itu, resep masakan nenek juga bisa diturunkan kepada cewek yang sudah harus mulai mengurus dapur di rumahnya sendiri. Enggak cuma itu, teman-teman satu geng yang masih muda dan umumnya jomblo bisa kita minta bantuan dalam kondisi tertentu.

 

3. Reproduksi lebih subur di masa muda

Reproduksi cewek paling produktif terjadi di usia awal 20-an, yakni 20 sampai 22 tahun. Menikah di usia muda memungkinkan seseorang untuk lebih produktif. Selain itu, usia produktif juga bagus untuk keselamatan si ibu dan bayi.

 

4. Calon suami sudah matang usia dan kariernya

Salah satu alasan yang mendorong cewek untuk menikah di usia muda adalah calon suami yang sudah matang usianya. Di sisi lain, poin ini bisa jadi kelebihan karena calon suami yang sudah matang secara usia dan bekerja mampu menghidupi istri dan anak-anaknya.

 

5. Kemampuan finansial di masa depan

Menikah di usia muda berarti mempunyai anak di usia muda. Ketika seseorang sudah berusia 30 tahun nanti, anaknya tersebut mungkin sedang lucu-lucunya duduk di bangku SMP. Dan, begitu anaknya kuliah, sang ibu dan ayah enggak terlalu tua untuk menyaksikan keberhasilannya. Belum lagi, bisa menjadi orangtua yang bisa terus membiayai masa muda sang anak.

 

Baca juga: 8 Alasan Kita Enggak Boleh Melakukan Hubungan Seks Sebelum Nikah

 

Kekurangan menikah di usia muda

6. Kemampuan finansial belum mandiri

Ngomongin finansial ketika menikah di usia muda memang bagai dua sisi mata pisau. Di satu sisi, seseorang mengalami keuntungan seperti tertulis di atas. Tapi, di sisi lain, kalau seseorang enggak bisa mengatur keuangan dengan baik, mungkin akan mengalami kesulitan keuangan yang enggak mudah diperbaiki.


7. Kehilangan masa muda

Hmm... Ada yang berpikir ketika nikah muda, cewek tetap bisa menikmati masa muda. Tapi, di satu sisi, setelah menikah, waktu kosong untuk hang out sama teman-teman satu geng mungkin enggak sebebas dulu. Walau pasangan memperbolehkan buat nongkrong bareng teman-teman, tapi tetap saja batas waktunya enggak sebanyak waktu jadi jomblo.

 

8. Emosi masih labil

Mendekati usia awal 20-an, pemikiran cewek masih belum matang. Umumnya, remaja cewek masih dalam proses transisi menuju cewek dewasa. Ia mungkin masih belum terlalu menggali jati diri dan memahami betul apa keinginan sesungguhnya di masa mendatang.

 

Menurut pakar pernikahan, seperti dikutip di Viva.co.id, pada usia 20-an, mereka lebih memikirkan bagaimana mendapatkan pendidikan yang baik. Dalam hal ini, tingkat pendidikan pun juga turut mempengaruhi kehidupan pernikahan. Pasangan yang mempunyai pendidikan yang baik akan dengan mudah menyelesaikan setiap masalah di dalam hubungan mereka, dan juga pintar meminimalisir perbedaan yang berpotensi berakhir dengan perpisahan.

 

9. Menjadi ibu rumah tangga bukan pekerjaan mudah

Coba kita tanya kepada ibu apa saja yang telah ia korbankan untuk membesarkan, mendidik, dan mengasuh kita hingga saat ini? Belum lagi memperhatikan suami dan menjaga rumah beserta isinya? Pastinya, bukan pekerjaan mudah. Nah, di usia yang masih terbilang muda, seseorang yang memutuskan menikah mungkin akan kaget dengan situasi yang berubah 360 derajat. Ia mungkin enggak bisa mengejar karier di usia muda karena harus memilih kepentingan rumah tangga.

 

10. Belum terlalu mengenal pasangan

Pacaran di usia muda dan pacaran di usia dewasa ada perbedaan emosi yang terjadi. Di saat masih muda, seseorang mungkin berpikir jernih sebagai anak muda. Tetapi pikiran jernih saat muda itu akan berbeda jika ia mengalami pacaran di usia dewasa. Di usia muda, ia mungkin merasa sudah mengenal pasangan, tapi ternyata seiring berjalannya waktu ia enggak merasakan hal itu.

 

"Seorang wanita yang terdidik cenderung lebih percaya diri dan mandiri, sehingga kurang bersedia  menerima seorang pria yang tidak memenuhi standar mereka," jelas Terri Orbuch, PhD, penulis Five Simple Steps to Take Your Marriage From Good to Great, seperti ditulis Viva.co.id.

 

Baca juga: 12 Alasan Cewek Jomblo Dan Enggak Kunjung Punya Pacar

 

(foto: giphy.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×