TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Vagina Gatal

  • Debora Gracia
  • Posted on : Rabu, 11 Mei 2016

dazeddigital.com

Jika organ intim kita terasa gatal, bisa jadi ada indikasi terserang Bacterial Vaginosis (BV) yaitu infeksi yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan bakteri pada vagina, yang mana bakteri jahat bertumbuh secara berlebihan. Ada banyak faktor penyebabnya seperti pakaian dalam yang enggak bersih, keringat yang menempel terlalu lama, gatal ketika menjelang mens, atau reaksi kulit yang sensitif pada sabun yang kita pakai. Enggak perlu panik, ini beberapa hal yang bisa dilakukan ketika vagina terasa gatal, girls!

 

(Baca juga : 8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Celana Dalam yang Bisa Menganggu Kesehatan Vagina)

 

Hindari Menggaruk Vagina

Ketika vagina terasa sangat gatal, ada keinginan untuk menggaruknya, tapi sebaiknya hal itu dihindari, ya! Menggaruk vagina bisa menimbulkan dampak lain yang lebih parah seperti iritasi kulit, vagina yang memerah, selangkangan menghitam, atau bahkan infeksi pada vagina.

 

Bersihkan Vagina Tanpa Wewangian

Selalu rajin membersihkan vagina dengan air bersih terutama sehabis buang air kecil. Cairan pembersih vagina sebenarnya enggak disarankan karena vagina kita memiliki cairan yang bisa membersihkan vagina itu sendiri. Lebih baik gunakan sabun yang enggak mengandung bahan wewangian. Perhatikan pula cara membersihkan vagina yang benar adalah dari bagian depan vagina hingga ke anus. Hal ini untuk menghindari kotoran dari anus yang bisa menyebar ke vagina.

 

Gunakan Celana Dalam yang Nyaman

Salah satu penyebab vagina gatal adalah keringat berlebihan yang menempel dan menimbulkan bakteri. Hal yang untuk mencegahnya adalah memperhatikan kembali bahan celana dalam kita, lebih baik menggunakan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Selalu ingat untuk mencuci celana dalam sampai bersih agar enggak ada deterjen yang menempel. Pastikan juga setiap hari untuk selalu mengganti celana dalam 2 – 3 kali sehari karena kondisi vagina yang lembab akan dengan mudah menimbulkan rasa gatal.

 

Konsumsi Yoghurt

Cara untuk mengurangi rasa gatal pada vagina dari dalam adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Yoghurt yang dikonsumsi sebaiknya adalah plain yoghurt dan yang enggak mengandung bahan tambahan, seperti buah – buahan. Yoghurt yang baik adalah berasal dari susu sapi murni yang diberikan bakteri baik, yaitu Lactobacillus, Bulgaricus, dan Streptococus. Bakteri baik tersebut merupakan probiotik alami dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan vagina kita.

 

Hindari Memakai Celana Ketat

Ketika vagina lagi terasa gatal, sebaiknya menghindari memakai celana ketat seperti skinny jeans. Sebenarnya enggak masalah kalau kita memakai skinny jeans tapi jangan terlalu sering karena bisa membuat vagina semakin terasa lembab dan keringatnya menempel.  Pakailah celana yang enggak terlalu ketat agar vagina kita bisa ‘bernafas’. Selamat mencoba, girls!

 

(Baca juga: 3 Kesalahan Yang Bisa Merusak Kesehatan Vagina)

Penulis :

  • Debora Gracia

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek itu bisa jadi kuat, mandiri, tapi enggak meninggalkan sisi femininnya.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×