TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Cara Tidak Panik Ketika Terjadi Serangan Teror

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Kamis, 14 Januari 2016

5 Cara Tidak Panik Ketika Terjadi Serangan Teror

Menurut profesor psikologi dari Universitas Ben-Gurion, Solly Dreman, ada 5 cara untuk tidak panik ketika terjadi serangan teror. Karena tujuan utama serangan teror adalah, dengan serangan yang terbatas, menciptakan ketakutan massa yang banyak. Simak, girls.

(foto: favim.com)

 

(Baca juga: Kekuatan Super Tiap Zodiak Yang Membantu Bertahan di Situasi Sulit)

 

Kurangi memantau berita

Ketika terjadi serangan terror, hampir semua televisi, radio, dan berita online memberitakan serangan. Kurangi durasi kita memantaunya. Tapi bukan berarti enggak tahu sama sekali.

 

(baca juga: 6 Berita Hoax Tentang Tragedi Penyerangan di Paris)

 

Jangan sama sekali enggak mengikuti berita

Hanya percaya pada sumber berita yang sudah terpercaya, coba periksa berita dalam satu sampai tiga jam sekali. Jangan pantau secara terus menerus hingga membuat diri sendiri makin cemas.

 

Lebih baik mendengar radio daripada TV

Terus menerus melihat gambar kejadian teror bisa membuat kita semakin merasa cemas. Lewat radio, kita bisa terus terinformasi tanpa benar-benar melihat kejadiannya dalam bentuk visual.

 

(Baca juga: 5 Etika di Sosial Media Menurut Dena Rachman)

 

Kurangi intensitas social media

Di saat serangan teror terjadi, akan ada banyak berita berhubungan dengan serangan. Sayangnya enggak semua berita yang beredar di social media bisa dikonfirmasi. Apalagi berita yang bernada sensasional, atau foto-foto mengerikan yang disebar pihak-pihak yang enggak bertanggung jawab.

 

"Ketika seseorang terus menerus mencari berita tentang kejadian teror, ini bisa berdampak buruk. Ini justru membuat seseorang semakin merasa enggak tenang," katanya.

 

(Baca juga: 4 Alasan Kenapa Orang Mudah Percaya Berita Hoax)

 

Jangan mudah percaya

Di saat serangan teror akan banyak berita yang beredar dari berbagai sumber. Jangan mudah percaya dengan semua hal yang kita baca atau dengar. Bisa jadi berita tersebut merupakan isu atau hoax.  Di saat serangan teror, banyak berita tidak lengkap, atau masih rumor. Karena di saat seperti ini, ada banyak pihak yang berupaya memperkeruh suasana dan membuat masyarakat semakin cemas. (Sumber: jpost.com)

 

(Baca juga: 5 Tips Tetap Tenang dalam Situasi Enggak Menyenangkan)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×