TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Cara Sebulan Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 30 September 2015

5 Cara Sebulan Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Niat untuk menurunkan berat badan sering kita ucapkan saat kita akan menjalani peristiwa penting, seperti pesta ulang tahun, pernikahan keluarga, atau wisuda kakak. Tapi, adakah cara untuk menurunkan berat badan dengan singkat dan efektif?


Cara terbaik untuk menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik. Tetapi, sebenarnya kita juga bisa mengurangi berat badan, misalnya dengan target 10 kg dalam satu bulan, meski tanpa olahraga. Ini 5 cara sebulan menurunkan berat badan tanpa olahraga.

 

Baca juga: 5 Cara Unik Yang Ternyata Ampuh Menurunkan Berat Badan



1. Jaga asupan kalori

(foto: sciencedump.com)

Batasi asupan kalori kita enggak lebih dari 1.100 kalori per hari. Memang ini tampaknya sulit, tetapi kita memang harus mengurangi kalori jika ingin lebih langsing.

 

Pembatasan kalori bisa dilakukan dengan cara melakukan perubahan kecil, misalnya mengurangi karbohidrat sederhana seperti roti atau nasi, mengganti susu whole milk dengan susu rendah lemak, mengurangi gorengan, serta makan 4-5 kali makan dalam porsi kecil ketimbang 3 kali makan besar untuk membuat metabolisme tetap aktif.

 

2. Hindari minuman manis

(foto: booksofadam.tumblr.com)

Minumlah 10-12 gelas air putih setiap hari. Hindari semua minuman manis, termasuk soft drink, jus, susu, teh atau kopi dengan gula, dan juga alkohol. Minuman ini tinggi kalori tetapi enggak memberikan nutrisi.

 

3. Buat jurnal

Lacak apa saja yang kita makan dan minum setiap hari dalam jurnal makanan. Melakukan hal ini akan membantu kita melacak asupan kalori harian. Kita juga bisa mengunduh aplikasi di ponsel untuk menghitung kebutuhan kalori dan juga berapa yang harus dibakar lewat olahraga dalam sehari.

 

Baca juga: Bangun Pagi Menurunkan Berat Badan?

 

4. Penuhi kebutuhan vitamin

Selain memperbanyak asupan serat dan vitamin lewat makanan, kita juga bisa mengonsumsi suplemen untuk memastikan tubuh enggak kekurangan nutrisi. Suplemen asam amino L-glutamine juga bisa membantu kita mengurangi keinginan makan sekaligus mempercepat pembakaran lemak.


5. Jangan sering menimbang

(foto: giphy.com)

Walau kita penasaran apakah program yang dijalankan sudah berhasil atau enggak, tapi tahanlah diri untuk enggak sering-sering menimbang berat badan. Sebaiknya lakukan hanya seminggu sekali. Menimbang badan setiap hari bisa membuat kita jadi malas jika upaya penurunan berat badan enggak berjalan secepat harapan.

 

Baca juga: 4 Alasan Pacaran Bikin Berat Badan Naik

 

(sumber: health.kompas.com, foto: hercampus.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×