TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 2)

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 14 September 2015

5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone (Bagian 2)

Kadang, saat sedang menelepon pacar atau teman, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang kita gunakan melemah. Berikut 5 cara menguatkan sinyal smartphone yang melemah.

 

(Baca juga: 5 Cara Menguatkan Sinyal Smartphone Bagian 1)

 

Airplane Mode

Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang kita gunakan.

 

Selain itu bisa saja smartphone kita akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan kita. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

 

Buka jendela

Kalau kita ada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya.

 

Seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika kita menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela di dekat kita.

 

Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa  ditangkap oleh smartphone tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.

 

(Baca juga: 6 Cara Menghemat Baterai Smartphone)

 

Cek baterai

Kalau SMS atau pesan lain yang kamu kirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit.

 

Mode ini bisa saja memutus sementara koneksimu ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya.

 

Kalau ternyata masalah sinyal pada smartphone disebabkan hal ini, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.

 

Dekati pemancar sinyal

Pertama, kita harus men-download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada berapa menara pemancar sinyal di sekelilling.

 

Bila panggilan suara atau pegiriman SMS putus-putus, cobalah cari pemancar terkedat dan berjalanlah mendekat ke arahnya. Dengan demikian kita bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu.

 

(Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone)

 

(yoga/nextren.com, foto: giphy.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×