TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Beasiswa Keringanan Biaya Untuk Jenjang S1 Yang Bisa Kita Dapatkan Saat Kuliah

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Kamis, 24 Maret 2016

sumber: afgwnsw.org.au

Biaya kuliah memang enggak murah, tapi tenang, pemerintah dan banyak perusahaan juga lembaga pendidikan di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis beasiswa untuk meringankan beasiswa mahasiswa Indonesia. Tapi tentu saja, beasiswa ini diperuntukan khusus untuk yang kurang mampu dan memiliki prestasi akademik yang baik sejak SMA atau selama berkualiah.  Untuk jenis beasiswa seperti ni kita harus aktif bertanya ke bagian Akademik atau Kemahasiswaan kampus yang bersangkutkan, karena biasanya pihak penyelenggara bekerja sama langsung dengan pihak Universitas atau kampus yang dipilih. Berikut ini 5 beasiswa kerianganan biaya untuk jenjang S1 yang bisa kita dapatkan saat kuliah nanti.

 

Baca juga: 7 Tips Sukses Wawancara Beasiswa

 

Beasiswa Bidik Misi

Beisswa ini diperuntukan baut siswa SMA/SMK/MA/MAK yang akan lulus di tahun itu dan langsung masuk kuliah. Yang pasti calon pendaftar harus termasuk kurang mampu secara ekonomi, jadi nanti akan dicek dari slip gaji atau pendapatan orang tua perbulannya, karena tidak boleh lebih dari Rp3 juta. Selain siswa kurang mampu, syarat lain yang wajib dipenuhi adalah punya catatan prestasi akademik yang bagus selama sekolah tingkat atas, lalu mendapat rekomendasi juga dari sekolah yang  bersangkutan. Bidik misi ini tersedia untuk siswa yang akan berkuliah lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Masuk Mandiri yang diselenggarakan universitas.


Info lebih lanjut: hubungi pihak sekolah atau cari tahu di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/site/index

 

Beasiswa provinsi

Beasiswa ini dikeluarkan oleh pemerintah provinsi yang ada di Indonesia. Selain untuk mahasiswa yang kurang mampun, tentu saja beasiswa ini dikhususkan untuk warga provinsi tersebut alias punya KTP provinsi yang mengeluarkan beasiswa tersebut.  Beberapa provinsi yang mengeluarkan beasiswa ini adalah Riau, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Info lebih lanjut: hubungi Bagian Kemahasiswaan dan Akademik kampus atau kunjungi website resmi pemerintah provinsi yang bersangkutan.

Riau : https://www.riau.go.id/home/pengumuman/5/persyaratan-dan-formulir-bantuan-beasiswa-s1-d3-tahun

Jawa Barat (khusus UNPAD): http://beasiswa.unpad.ac.id/beasiswa-pemerintah-provinsi-jawa-barat/

 

Baca juga: 5 Beasiswa S1 Di Korea Selatan Yang Bisa Didapatkan Calon Mahasiswa Dari Indonesia

1 2

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×