TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

  • Natasha Erika
  • Posted on : Senin, 4 April 2016

4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris

Buat yang bentar lagi menghadapi Ujian Nasional, ada beberapa tips yang bisa kita tengok supaya sukses mengerjakan soal-soal. Kali ini, kita akan membahas soal bahasa Inggris. Ini dia 4 trik mengerjakan soal Ujian Nasional Bahasa Inggris berdasarkan tipe-tipe pertanyaan yang umum dikeluarkan.

 

Baca juga: 7 Tips Bikin Cepat Mengerti Waktu Belajar

 

Soal bergambar

Salah satu tipe soal yang bakal muncul di Ujian Nasional Bahasa Inggris adalah soal bergambar. Biasanya, soal bergambar menyajikan iklan, peringatan, memo, pesan dan sebagainya yang menyertakan beberapa informasi. Triknya, kita wajib fokus pada pesan-pesan yang ada di gambar. Lalu, cari kira-kira pesan utama apa yang ingin disampaikan pesan utama itu.

 

Soal kata ganti

Ini dia tipe soal Ujian Nasional Bahasa Inggris yang sering banget muncul. Biasa, kita lebih mengenal bentuk soal ini sebagai 'refer to' atau 'hal yang mengacu pada sesuatu'. Inti dari soal ini adalah menguji pemahaman kita soal pentingnya kata ganti dalam bahasa Inggris.

 

Contoh soal:

Mila and Budi are students in this school. They are sister and brother.

 

The underlined word refer to...

 

Cara mengerjakan soal seperti ini, kita harus menyimak betul petunjuk-petunjuk yang ada di kalimat sebelumnya. Di soal di atas, yang ditanyakan adalah 'they' atau 'mereka' itu ditujukan untuk siapa? Coba kita simak di kalimat sebelumnya, terdapat subjek Mila dan Budi. Kata ganti mereka di soal tersebut ditujukan untuk Mila dan Budi.

 

Baca juga: Cara Belajar Efektif Tanpa Stress

 

Soal sinonim

Selain itu, soal sinonim juga banyak keluar di Ujian Nasional Bahasa Inggris. Karena soal ini umum muncul di ujian, kita wajib menguasai betul vocabulary bahasa Inggris. Supaya lebih terlatih, kita bisa mengumpulkan beberapa kata saja yang sering muncul di soal ujian tahun lalu atau soal-soal latihan bahasa Inggris kita.

 

Soal wacana

Ini dia salah satu tipe soal yang paling banyak memakan waktu ketika mengerjakan soal bahasa Inggris. Lebih baik, kita mengerjakan tipe-tipe soal dari yang termudah dulu baru mengerjakan tipe soal yang menurut kita agak sulit.

 

Nah, untuk mengerjakan soal wacana atau bacaan kita harus memperhatikan dua hal penting. Satu, ide pokok bacaan. Dua, pertanyaan tentang bacaan. Kita harus memahami terlebih dulu wacana tersebut menceritakan tentang apa. Lalu, perhatikan setiap pertanyaan yang ditanyakan untuk satu wacana itu. Pahami pertanyaan, kemudian baca kembali sambil mencari jawaban dari tiap pertanyaan.

 

Semangat dan semoga berhasil, girls!

 

Baca juga: Tips Anti Ngantuk Waktu Belajar

 

(foto: weheartit.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×